Hasil Sidang Isbat Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan 10 Juli 2013

Hasil Sidang Isbat Penentuan Ramadhan 2013 – Sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1434 H digelar di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, sejak Senin (8/7/2013) sore. Menteri Agama Suryadharma Ali memimpin jalannya sidang. Sidang yang akan mempertimbangkan hasil hisab dan rukyat ini dimulai sekitar pukul 17.00 dengan pemaparan pakar tentang hilal untuk menentukan awal Ramadhan yang disampaikan oleh Anggota Badan Hisab dan Rukyat Planetarium Cecep Nurwendya. Sidang berjalan tertib dan khidmat.

Hasil Sidang Isbat 2013
Hasil Sidang Isbat 2013

“Hari ini adalah hari yang menentukan, apakah besok masih di bulan Syaban, atau sudah di bulan Ramadhan,” kata Cecep.

Pemaparan yang dilakukan Cecep akan berlangsung selama satu jam. Setelah itu, sidang akan berhenti sekitar 30 menit untuk menunaikan shalat maghrib berjemaah. Rencananya, penetapan awal Ramadhan 1434 H akan diputuskan pada pukul 18.45 oleh Suryadharma Ali.

Pantauan hilal akan dilakukan di beberapa tempat, di antaranya di Pelabuhan Ratu (Jawa Barat), Cakung (Jakarta Timur), Boscha (Bandung), dan Makassar.

Selama ini, pemerintah menggunakan kriteria Majelis Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) untuk menentukan awal bulan. Kriteria ini mensyaratkan hilal dapat dilihat jika tingginya minimal 2 derajat, umur Bulan saat Matahari terbenam sejak ijtimak (kesegarisan Matahari-Bulan-Bumi) minimal 8 jam, dan jarak sudut Matahari-Bulan minimal 3 derajat.

Hasil Sidang Isbat

Pemerintah resmi menetapkan satu Ramadan 1433 jatuh pada tanggal Rabu 10 Juli. Hasil sidang isbat, hilal yang menandakan bulan baru sudah cukup terlihat.

“Dengan mengucapkan Bismillah, kami memutuskan dan menetapkan bahwa 1 Ramadan 1433 jatuh pada Rabu 10 Juli 2013,” ujar Menteri Agama Suryadharma Ali saat sidang Isbat di Gedung Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakarta, Senin (8/7).

Penentuan satu Ramadan pada hari Rabu 10 Juli tersebut juga disepakati oleh ormas Islam.

Dalam sidang isbat, Mahkamah Agung dan kepolisian juga hadir. (merdeka,kompas)

Baca Juga :

One thought on “Hasil Sidang Isbat Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan 10 Juli 2013

Leave a Reply