IBX582022AF841EE
Published On: Thu, Jul 21st, 2016

Apa Itu Reklamasi ? Berikut Ini Artinya , Manfaat Dan Kekurangannya

Arti Dari Reklamasi Manfaat Dan Kekurangannya – Mungkin beberapa waktu ini kita sering mendengar kata ‘Reklamasi‘ di beberapa pemberitaan baik itu media  konvensional seperti TV , Surat Kabar, Radio dan hingga media online akibat ramainya pemberitaan kasus korupsi dari reklamasi di Jakarta yang menyeret berbagai pihak.

Gambar Reklamasi

Tapi kali ini medianya.com bukan bermaksud menghadirkan perkembangan mengenai kasus reklamasi yang sampai sekarang masih panas berjalan. Kali ini medianya.com hadir memberikan info apa sih arti dari reklamasi itu sendiri, karena mungkin saja diantara anda ada yang belum mengetahui apa sih arti reklamasi walau sering mendengarnya.

Arti Reklamasi

Seperti info yang kami kumpulkan dari berbagai media online seperti wikipedia arti reklamasi atau reklamasi daratan ialah proses pembuatan daratan baru dari dasar laut atau dasar sungai. Tanah yang direklamasi disebut tanah reklamasi atau landfill.

Sedangkan Menurut Undang Undang Dasar, definisi reklamasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang dalam rangka meningkatkan manfaat sumber daya lahan ditinjau dari sudut lingkungan dan sosial ekonomi dengan cara pengurugan, pengeringan lahan atau drainase. Reklamasi dapat juga didefinisikan sebagai aktivitas penimbunan suatu areal dalam skala relatif luas hingga sangat luas di daratan maupun di areal perairan untuk suatu keperluan rencana tertentu.

Reklamasi daratan umumnya dilakukan dengan tujuan perbaikan dan pemulihan kawasan berair yang rusak atau tak berguna menjadi lebih baik dan bermanfaat selain untuk tujuan perbaikan juga mungkin tujuan komersil. Kawasan ini dapat dijadikan lahan pemukiman, objek wisata dan kawasan niaga.

Manfaat Reklamasi

Reklamasi Untuk Perluasan Lahan Untuk Dihuni Warga

Bagi negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, reklamasi dapat digunakan untuk mengatasi kendala keterbatasan lahan daratan untuk huni, yang nantinya dapat dimanfaatkan menjadi lahan pemukiman yang baru. Selain itu reklamasi pantai ini juga mendapatkan tanah yang diperoleh tanpa melakukan penggusuran penduduk. Namun untuk sebagian kasus reklamasi ada juga warga pesisir seperti nelayan yang menolak reklamasi tersebut.

Memperbaiki Kondisi Lahan

Manfaat reklamasi lainnya adalah menjadikan kawasan berair atau lahan tambang yang rusak atau tak berguna menjadi lebih baik dan bermanfaat. Kawasan yang direklamasi tersebut biasanya dimanfaatkan untuk kawasan pemukiman, perindustrian, bisnis dan pertokoan, pertanian, serta objek wisata.

Kekurangan Reklamasi 

Berbagai kontra mungkin saja terjadi dalam proses reklamasi di suatu negara seperti penolakan dari warga sekitar yang menolak reklamasi karena dampak negatif yang mungkin terjadi diaerah yang direklamasi.

Berikut ini beberapa kemungkinan dampak dari reklamasi :
Tanpa persiapan yang matang, daerah reklamasi rawan terkena dampak negatif, seperti :

Peninggian muka air laut karena area yang sebelumnya berfungsi sebagai kolam telah berubah menjadi daratan.
Akibat peninggian muka air laut maka daerah pantai lainnya rawan tenggelam. Setidaknya, air asin laut yang naik ke daratan membuat banyak tanaman yang mati, mematikan area persawahan dari fungsi untuk bercocok tanam. Hal ini banyak terjadi di wilayah pedesaan pinggir pantai.
Cepatnya peninggian muka air di lokal luar areal lahan reklamasi juga rawan tenggelam karena air hujan yang semestinya cepat sampai ke laut menjadi tertahan oleh daratan reklamasi sehingga juga mengalami banjir perkampungan pantai.
Rusaknya tempat hidup hewan dan tumbuhan pantai sehingga keseimbangan alam menjadi terganggu. Apabila gangguan dilakukan dalam jumlah besar maka dapat memengaruhi perubahan cuaca serta kerusakan planet Bumi secara signifikan

Dampak negatif reklamasi pantai umumnya tidak bersifat permanen atau bahkan mungkin tidak akan terjadi jika ditangani dengan tepat dan persiapan dan pertimbangan para ahli yang matang.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>