Rio Haryanto Resmi Berhenti di F1 , Pengganti Rio Esteban Ocon : Prancis

Rio Haryanto Berhenti Di F1

Rio Haryanto F1 – Karir pembalap muda asal Indonesia Rio Haryanto terhenti diajang balap mobil nomor 1 dunia Formula One F1 dikarenakan tim Manor  Racing mengambil keputusan untuk mengganti pebalap asal Indonesia, Rio Haryanto, dengan pebalap asal Perancis, Esteban Ocon, pada paruh kedua musim Formula One (F1) 2016. Menurut info yang medianya.com dapatkan Manor sebenarnya memiliki kontrak dengan Rio Haryanto hingga akhir musim F1 2016. Namun, kegagalan pihak Rio melunasi sisa uang kontrak yang mencapai 7 juta euro, membuat Manor mengambil keputusan untuk mengganti pebalap Indonesia itu dengan Ocon.

Rio Haryanto Berhenti Di F1

Kepastian berhentinya Rio di F1 tersebut diungkap Manor lewat situs resmi tim. Manor mengatakan pebalap cadangan Renault Esteban Ocon akan tampil bersama Pascal Wehrlein di sisa sembilan seri F1 2016 mengantikan Rio.

“Manor Racing telah mengontrak Esteban Ocon untuk membalap bersama Pascal Wehrlein di sisa sembilan seri F1 2016. Dia akan melakoni debut di F1 pada GP Belgia, 28 Agustus mendatang,” demikian pernyataan resmi Manor lewat situs resmi tim.
“Kami sangat senang menyambut Esteban Ocon ke dalam tim Manor Racing hingga akhir musim. Dia jelas salah satu pebalap masa depan F1, bersinar dalam perannya sebagai pebalap cadangan Renault, begitu juga tampil di ajang DTM bersama Mercedes musim ini,” ujar direktur balap Manor, Dave Ryan.

Semula Rio diyakini punya waktu sebelum GP Belgia berlangsung untuk mencari sponsor tambahan. Namun, pihak Manor tidak ingin terlalu lama menunggu kepastian dari manajemen Rio. Dengan menunjuk Ocon saat ini, maka pebalap 19 tahun itu diharapkan bisa segera beradaptasi dengan mobil MRT05.

Ocon saat ini sedang berlaga di kompetisi Deutsche Tourenwagen Masters (DTM) bersama Mercedes, ajang balap yang juga diikuti Wehrlein selama tiga musim sebelum tampil di F1 bersama Manor.

Leave a Reply