Brazil Kalahkan Jerman Di Final Olimpiade 2016 (Skor 6-5)

Brazil VS Jerman Olimpiade 2016

Brazil VS Jerman Olimpiade 2016

Hasil Akhir Brazil VS Jerman 21 Agustus 2016 – Timnas Brazil sukses meraih medali emas sepak bola setelah mengalahkan Jerman dengan skor 6-5 (1-1, 5-4) melalui drama adu penalti. Neymar dan Max Meyer sempat membuat tim samba dan tim panser saling berbalas gol di waktu normal. Namun pada akhirnya, tuan rumah Brazil yang berhak meraih medali emas. Eksekutor kelima Jerman, Nils Petersen gagal, sementara Neymar sang kapten Selecao mengantar timnya juara.

Kutukan itu telah berakhir. Brazil akhirnya memenangi semua trofi yang ada di dunia. Copa America, Piala Dunia, dan Olimpiade. Di laga puncak Olimpiade Rio 2016, Selecao membayar dendam kekalahan 7-1 dari Jerman dua tahun lalu, dengan manis. Bermain di stadion legendaris Maracana pada Minggu (21/8), Brazil menurunkan starting XI terbaik mereka dalam formasi ekstra menyerang 4-2-4.

Empat bomber yang mengantarkan ke final, Neymar-Luan-Gabriel Barbosa-Gabriel Jesus diturunkan. Sebaliknya Jerman juga tidak mau kalah dengan trio Julian Brandt-Serge Gnabry-Max Meyer yang menyokong Davie Selke untuk membentuk lini serang paling mengerikan di Olimpiade.

Namun dua tim subur yang selama ini dengan mudah berpesta ke gawang lawan, justru membeku di partai puncak. Keduanya saling mengunci satu sama lain tanpa peluang emas yang berarti. Percobaan Matthias Ginter dan Julian Brandt belum tepat sasaran. Sementara aksi Luan juga terlalu lemah. Momen inspirasional datang dari Neymar di menit 27. Tendangan bebas yang dilakukannya meluncur apik ke gawang Timo Horn.

Sejak saat itu Jerman jadi lebih ofensif. Penampilan mereka semakin terbuka. Entah mengapa gol tidak juga lahir. Yang paling menyakitkan adalah, ketika tandukan Sven Bender mencium mistar gawang. Namun pada akhirnya, tim panser menjadi satu-satunya tim yang berhasil membobol gawang tim Samba. Menit 59, Max Meyer melakukannya. Ia menyelesaikan umpan silang dengan tembakan akurat.

Dalam kedudukan 1-1, segalanya kembali ketat. Brazil sempat lebih menggigit, tetapi bahkan hingga perpanjangan waktu, skor tidak berubah. Perubahan pemain dengan masuknya Rafinha Alcantara dan dan Felipe Anderson tidak mengubah keadaan. Selecao seperti menemukan jalur buntu untuk medali emas.

Tidak ada jalan lain untuk menentukan pemenang kecuali adu penalti. Matthias Ginter sang eksekutor pertama menjalankan tugas dengan sempurna. Renato Augusto membalasnya untuk menyeimbangkan kedudukan. Dalam tendangan kedua, Serge Gnabry dan Marquinhos sama-sama mulus pula.

Julian Brandt, Rafinha Alcantara, Niklas Suele, dan Luan, semuanya melakukan tugas dengan benar. Tiba di penendang kelima, Nils Petersen yang masuk sebagai pemain pengganti, gagal. Sebaliknya, Neymar sang kapten Brazil mengantar timnya juara dengan kemenangan 6-5. Medali emas milik tim Samba, sementara Jerman kembali dihantui rasa penasaran menaklukkan Olimpiade.

Gol: Neymar 27/ Maximilian Meyer 59

Leave a Reply