IBX582022AF841EE
Published On: Thu, Sep 22nd, 2016

10 Cara Merawat Gigi Berbehel Dengan Tepat Dan Benar

behel-kawat-gigi

Bagi kamu yang baru saja menggunakan kawat gigi (behel) dan sedang mencari tahu bagaimana cara merawatnya. Dalam artikel ini, akan kami bagikan tips-tips perawatan khusus gigi yang menggunakan behel. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Gunakan Sikat Gigi Khusus Behel
Pada saat sudah menggunakan behel, gunakan sikat gigi khusus berdasarkan rekomendasi ortodontis. Sikat gigi ini biasanya berbentuk lebih kecil dari sikat gigi pada umumnya, memiliki bulu sikat yang halus dan lembut.

Untuk teknik menyikat gigi yang menggunakan kawat gigi, tidak boleh sembarangan dilakukan. Cara yang benar ialah, pertama sikat gigi tanpa menggunakan pasta, ini bertujuan untuk menghilangkan sisa makanan yang mungkin tertinggal pada kawat dan gigi. Setelah itu, baru sikat dengan menggunakan pasta gigi khusus.

2. Maksimalkan Pembersihan Gigi Dengan Sikat Gigi Tambahan
Agar lebih maksimal dalam membersihkan gigi yang berbehel, ortodontis akan memberikan pada pasien sikat gigi tambahan. Gunakan sikat gigi tambahan ini usai menyikat gigi yang pertama, ini membantu gigi terhindar dari flak atau karang gigi.

3. Pakai Pasta Gigi Sensitif
Pemasangan behel yang membuat susunan gigi berubah berdampak pada sensitifnya gigi dan juga gusi. Oleh karena itu, pakailah pasta gigi sensitif selama gigi menggunakan behel. Pasta gigi sensitif bisa mengurangi rasa ngilu akibat pemasangan behel, mencegah timbulnya sariawan dan luka pada gusi.

4. Jangan Lupa Obat Kumur
Pada saat menggunakan sikat gigi, mungkin ada beberapa bagian yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi tersebut. Untuk itu, pakailah obat kumur usai menyikat gigi agar kebersihan gigi dan mulut lebih menyeluruh.

5. Jika Nyeri, Minum Paracetamol
Apabila gigi atau gusi terasa nyeri akibat penggunaan behel, bisa diatasi dengan minum paracetamol untuk mengurangi atau menghilangakn efek nyeri. Hanya saja, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau ahli yang menangani pemasangan behel.

6. Kawat Gigi Bermasalah? Atasi Dengan Wax Ortodonti
Terkadang, masalah kawat yang monjol dapat terjadi sehingga bisa berakibat pada terkenanya gusi. Apabila kamu belum bisa berkonsultasi pada ortodontis, lakukan cara penanganan sementara dengan menempelkan wax ortodonti untuk menutup kawat yang menonjol.

7. Minum Vitamin
Gigi yang baru saja menggunakan behel perlu diperkuat dengan cara memenuhi asupan vitamin. Oleh karena itu, rajinlah minum vitamin C dan D serta lengkapi dengan konsumsi kalsium.

8. Pilih Makanan Yang Tepat
Pilihlah makanan tepat agar gigi yang menggunakan behel tetap terjaga dengan baik. Jangan makan makanan yang keras atau lengket karena ini berpotensi rusak atau lengketnya kawat gigi. Pada awal penggunaan behel, sebaiknya kamu mengkonsumsi bubur atau makanan yang memiliki tekstur lembut.

9. Bersihkan Secara Teratur
Untuk waktu yang tepat membersihkan gigi adalah usai makan dan menjelang tidur malam. Lakukan secara rutin pembersihan gigi dan gusi agar kotoran tidak menumpuk serta kesehatan mulut tetap terjaga.

10. Konsultasi Rutin
Lakukan konsultasi rutin kepada ortodontis, minimal 1 bulan sekali agar keadaan gigi yang menggunakan behel tetap terpantau dengan baik dan jika ada masalah, supaya bisa ditangani dengan cepat dan tepat.

Bagi kamu yang belum pakai behel dan tertarik ingin menggunakannya, kamu bisa mendapatkan layanan jasa pasang kawat gigi murah yang banyak tersebar di beberapa wilayah. Namun, pastikan kamu ditangani oleh ahlinya untuk menghindari terjadinya kerusakan gigi atau dampak buruk yang mungkin terjadi, karena untuk memasang kawat gigi perlu ditangani oleh dokter gigi khusus atau ahli ortodontis.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>