IBX582022AF841EE
Published On: Tue, Nov 29th, 2016

4 Jenis Makanan Yang Dapat Menjaga Kadar Gula Darah Agar Normal

Menjaga Kadar Gula Darah Normal – Diabetes adalah salah satu penyakit yang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Jumlah penderitanya cukup banyak. Penyakit ini membuat kadar gula dalam darah jadi meningkat sehingga fungsi beberapa organ dalam terganggu. Seringkali, penderita diabetes akan merasakan gejala atau dampak dari adanya penyakit ini, beberapa diantaranya yaitu:

• Badan mudah lelah
• Sering buang air kecil
• Gangguan penglihatan
• Mudah terinfeksi apalagi jika terjadi luka
• Berat badan turun drastis
• Sering merasa lapar

Bagi yang berpotensi terkena penyakit diabetes atau sudah mengalami gejalanya, sebelum penyakit menjadi lebih parah ada baiknya anda melakukan upaya pencegahan dengan cara menjaga dan mengelola gula darah normal. Beberapa makanan di bawah ini bisa membantu anda dalam menjaga gula darah agar tetap normal.

Gandum

makanan-sehat-kadar-gula-darah
Penderita diabetes sangat disarankan untuk menghindari karbohidrat yang berasal dari nasi, namun untuk jenis makanan seperti gandum yang juga memiliki kandungan karbohidrat justru aman untuk dikonsumsi. Mengapa demikian? alasannya yaitu karbohidrat pada gandum merupakan karbohidrat baik dimana mengandung serat tinggi sehingga ketika dicerna tidak membuat kadar gula naik. Gandum cocok dijadikan pengganti makanan pokok oleh penderita diabetes ataupun yang ingin menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil.

Buah Strawberry
Satu lagi makanan yang memiliki serat tinggi yaitu buah strawberry. Buah berwarna merah dan memiliki rasa asam ini ternyata bagus untuk dikonsumsi oleh anda yang ingin menjaga kadar gula darah, dengan catatan untuk porsi yang wajar atau tidak berlebihan. Kandungan air dalam buah strawberry tentu menyegarkan dan seratnya yang tinggi bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama. Anda bisa menjadikan buah strawberry sebagai cemilan ataupun membuatnya menjadi olahan seperti jus atau selai.

Beras Merah
Kadar serat dari beras merah memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras putih, itulah sebabnya beras merah baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Kini, banyak yang mengganti beras putih dengan beras merah terutama bagi mereka yang sedang diet. Mengkonsumsi beras merah membuat perut tidak cepat merasa lapar.

Kayu Manis
Tidak banyak yang tahu bahwa kayu manis memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di Jerman, seseorang yang mengkonsumsi ekstrak kayu manis selama 4 bulan dapat berdampak pada penurunan gula darah hingga 10.3 %. Kayu manis memang dapat berperan layaknya insulin, itulah sebabnya mengapa kayu manis baik dikonsumsi oleh anda yang ingin kadar gula darah tetap normal.

Demikianlah info tentang jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes ataupun yang berisiko terkena, lakukan upaya pencegahan sejak dini sebelum terlambat.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>