IBX582022AF841EE
Published On: Tue, Feb 28th, 2017

Ide Usaha Modal Kecil, dari Jual Pulsa Sampai Jadi Dropshipper

Membuka usaha sendiri adalah hal yang sering kali diinginkan oleh banyak orang. Memiliki bisnis sendiri tanpa bantuan orang lain, hidup dengan ketrampilan yang membuat usaha menjadi serius, semua itu memberikan kepuasan tersendiri yang tak bisa diukur dengan sekedar materi saja. Namun salah satu tantangan terbesar dalam usaha adalah tentang idenya. Maka berikut ini adalah ide usaha modal kecil yang bisa Anda lakukan.

Usaha Modal Kecil

Membuka sebuah usaha memang memerlukan modal. Namun modal tersebut tak harus selalu merujuk ke modal material seperti uang, pun juga tak harus selalu dalam jumlah yang banyak. Anda bisa saja hanya berbekal modal tak lebih dari Rp5 jutaan dan membuka usaha Anda sendiri, dengan modal lainnya ada dalam bentuk barang yang telah Anda miliki sebelumnya (ponsel, komputer, dapur, dll.) serta kemampuan Anda sendiri dan koneksi yang Anda miliki. Ini adalah modal yang tak kalah penting.

Usaha dengan modal kecil biasanya lebih cocok dilakukan sebagai usaha sampingan, dan bukan usaha yang dilakukan untuk menjadi pekerjaan utama Anda. Jadi sebaiknya Anda jangan keluar dulu dari tempat Anda bekerja sekarang ini, atau pun mengabaikan pendidikan Anda. Usaha bermodal kecil adalah usaha yang tujuan utamanya adalah memberikan penghasilan tambahan, dan keuntungannya pun biasanya juga belum seberapa. Apalagi jika Anda baru saja memulainya.

Sekarang, mari lihat apa saja ide usaha modal kecil tersebut, dimulai dari yang paling gampang lebih dahulu:

1.    Menjual pulsa telepon dan token listrik
Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk bisa menambah penghasilan Anda. Bisnis ini sangatlah cocok dilakukan oleh Anda yang sering bertemu dengan orang baru. Hanya dengan modal Rp1-3 jutaan saja, ditambah ponsel (yang Anda tentunya sudah punya), Anda bisa melakukannya. Nyaris semua orang membutuhkan kedua hal ini, dan Anda akan mendapatkan keuntungan lumayan.

2.    Berjualan foto
Anda yang hobi fotografi juga bisa menjual foto Anda via internet. Ada banyak website yang bisa menjadi tempat Anda menjual stock photography, yang bisa diunduh siapa saja dengan membayar sejumlah fee. Anda akan mendapatkan komisi dari setiap foto yang diunduh.

3.    Menjadi penerjemah
Anda juga bisa menjadi penerjemah untuk dokumen-dokumen, tugas, buku, dan macam-macam lagi yang ditulis dalam Bahasa Inggris. Akan lebih menguntungkan lagi jika Anda memiliki kemampuan bahasa lain seperti Jepang atau Mandarin.

4.    Menjadi guru privat
Anda juga bisa saja menjadi guru privat bagi anak-anak SD sampai SMA, apalagi Anda yang selama ini berprestasi. Anda bisa membuka kursus sendiri atau bergabung dengan lembaga pengajar untuk memulainya.

Selain usaha-usaha di atas, Anda juga bisa melakukan ini:

•    Berjualan segala barang-barang bekas (baju, mainan, buku, dll.) secara online di situs-situs marketplace.
•    Membuka jasa untuk membuat desain situs bagi pengusaha maupun pribadi.
•    Membuka jasa untuk desain grafis yang meliputi pembuatan desain poster, logo, kartu nama, baju, maskot, dll.
•    Menjadi affiliate marketer maupun dropshipper di internet. Anda bisa menjual barang tanpa harus mengeluarkan dana yang besar.

Itulah sebagian dari ide usaha modal kecil yang bisa Anda lakukan sekarang ini. Anda tak perlu mengeluarkan modal terlalu banyak, karena kebanyakan usaha ini hanya membutuhkan komputer, internet, ponsel, maupun peralatan spesifik yang rata-rata sudah Anda miliki (kendaraan, kamera, koneksi dengan orang lain). Bukan hal yang mustahil untuk Anda mengembangkan usaha kecil-kecilan ini sehingga menjadi lebih serius kalau Anda mau.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>