IBX582022AF841EE
Published On: Mon, Apr 17th, 2017

Forum Ibu dan Balita: Manfaat Pemberian ASI Ekslusif Pada Bayi

Forum Ibu dan Balita

ASI ekslusif sepertinya masih menjadi topik hangat yang perlu dibahas dalam setiap forum ibu dan balita . Hal tersebut dilatarbelakangi banyaknya manfaat yang akan didapat oleh ibu maupun bayi itu sendiri. Bayi dianjurkan diberi ASI ekslusif sejak lahir hingga usia enam bulan. Pada periode nol hingga enam bulan tersebut bayi tidak boleh mendapat asupan tambahan apapun.
Lalu apa saja manfaat pemberian ASI ekslusif pada bayi? Mari temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Sistem Kekebalan Tubuh
Air susu ibu memiliki kandungan zat antibodi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Antibodi itulah yang akan memaksimalkan tubuh dalam melawan bakteri dan virus. Dengan pemberian ASI ekslusif ini akan meminimalisir atau mencegah serangan penyakit dini, seperti; infeksi telinga, diare, konstipasi, infeksi saluran pernapasan dan lainnya.

Selain itu antibodi yang dibawa ASI tersebut juga melindungi bayi dari ancaman penyakit asma, eksim dan alergi.

Meningkatkan Kecerdasan
Apabila Anda ingin anak tumbuh menjadi anak yang cerdas, maka pastikan Anda memberikan ASI ekslusif dengan baik dan tepat. Perlu Anda ketahui, asam lemak yang dimiliki ASI berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan otak bayi.

Bukan hanya itu saja, skin to skin yang berlangsung saat ibu menyusui bayi juga akan membantu membangun hubungan emosional antara ibu dan bayi. Tentu Anda sudah sangat paham akan poin ini, karena hal ini memang sering dibincangkan dalam forum ibu dan balita.

Berat Badan Ideal
ASI memiliki kandungan insulin yang lebih sedikit daripada susu formula. Apalagi insulin dapat menyebabkan pembentukan lemak. Karena itu bayi yang diberi ASI ekslusif akan memiliki berat badan yang lebih ideal dibandingkan bayi yang diberi susu formula.

Jadi, apabila Anda ingin bayi tumbuh dengan sehat tanpa memiliki berat badan berlebih, usahakan untuk menghindari pemberian susu formula pada bayi.

Tulang Bayi Semakin Kuat
Ahli menyatakan, bayi yang diberi ASI ekslusif selama tiga bulan atau lebih akan menjadikan tulang leher dan tulang belakang bayi lebih kuat. Lain halnya dengan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI ekslusif selama kurang tiga bulan atau tidak sama sekali yang mana tulang leher dan tulang belakang tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Mendapat Asupan Kolestrol
Kolestrol pada orang dewasa memang harus diwaspadai. Namun hal itu tidak berlaku pada bayi. Bayi justru sangat membutuhkan asupan kolestrol, dimana kolestrol tersebut membantu memaksimalkan tumbuh kembang bayi. Dan zat kolestrol ini banyak dikandung oleh ASI.

Demikian tadi beberapa manfaat pemberian ASI ekslusif pada bayi. Mengingat betapa pentingnya peran ASI ekslusif bagi bayi, sebagai ibu, Anda sebaiknya juga turut memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Sebab apa yang Anda konsumsi sangatlah berpengaruh pada produksi ASI dan pertumbuhan bayi Anda.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>