IBX582022AF841EE
Published On: Fri, Apr 21st, 2017

Nutrisi yang Dibutuhkan Balita Saat MPASI

Konsultasi Perkembangan Bayi

Nutrisi sebagai pendukung berlangsungnya periode pertumbuhan dan perkembangan balita tidak pernah alpa dibahas pada saat konsultasi perkembangan balita. Apabila saat baru lahir hingga usia enam bulan bayi dianjurkan minum ASI ekslusif, lain halnya jika bayi sudah menginjak usia tujuh bulan. Dimana pada usia ini bayi sudah harus dikenalkan dengan makanan, atau tepatnya adalah MPASI ( makanan pendamping ASI ).
Walaupun pada usia ini bayi harus dikenalkan dengan makanan lain selain ASI, namun makanan yang diberikan juga tidak boleh sembarangan. Tidak boleh sembarangan disini artinya adalah Anda harus tetap memperhatikan nutrisi – nutrisi yang dikandung oleh makanan tersebut. Sehingga nantinya nutrisi tersebut bisa membantu mengoptimalkan daya kembang si kecil.

Nutrisi yang Dibutuhkan Balita Saat MPASI
Inilah nutrisi yang dibutuhkan balita ketika usianya sudah melebihi enam bulan.

Zat Besi
Dalam proses produksi hemoglobin bukan hanya mineral saja yang dibutuhkan. Namun zat besi juga memiliki peran besar dalam memaksimalkan perkembangan otak hingga keterampilan memori dan motorik si kecil.

Oleh karena itu pastikan Anda juga memenuhi kebutuhan si kecil akan nutrisi zat besi ini. Makanan yang memiliki kandungan zat besi di antaranya adalah daging, ikan, ayam, alpukat, telur, brokoli dan bayam. Si kecil setidaknya dianjurkan untuk mendapat asupan zat besi sebanyak 11 miligram tiap harinya.

Zinc
Nutrisi yang dibutuhkan balita saat MPASI selanjutnya adalah zinc. Zinc berperan penting dalam produksi sel darah putih dan membantu dalam melawan infeksi. Bukan hanya itu saja, zinc juga bertugas untuk memastikan bahwa sel tubuh dapat tumbuh dan memperbaiki diri secara optimal. Makanan yang memiliki nutrisi ini adalah daging dan ayam serta jenis unggas lainnya.

Vitamin D dan Kalsium
Seperti yang diketahui, kalsium memiliki andil besar dalam memperkuat tulang. Demikian pula bagi si kecil. Si kecil juga membutuhkan asupan kalsium untuk pertumbuhan tulangnya. Apabila sebelumnya hanya mendapatkan nutrisi ini dari ASI, namun seiring pertumbuhannya ASI saja tidak cukup menjadi penyokong kalsium. Karena itu, berikanlah kuning telur, ikan dan yoghurt agar kebutuhan kalsium si kecil terpenuhi.

Vitamin A, B, C dan E
Vitamin – vitamin ini sangat dibutuhkan si kecil dalam mengoptimalkan perkembangan saraf dan otak, meningkatkan kekebalan tubuh hingga membuat kulit si kecil semakin lembut. Vitamin A bisa didapatkan dari ubi jalar dan wortel. Untuk vitamin B bisa didapat dari sayuran hijau, kacang – kacangan, dan pisang. Selanjutnya untuk vitamin C bisa diperoleh dari tomat, melon dan stroberi. Lalu untuk vitamin E bisa didapat dari biji – bijian dan sereal.

Nah itu tadi beberapa nutrisi yang dibutuhkan balita saat MPASI. Apabila Anda masih bingung karena belum berpengalaman, Anda bisa konsultasi perkembangan balitakepada yang lebih ahli.
Selamat menyiapkan MPASI untuk si kecil ya.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>