IBX582022AF841EE
Published On: Fri, Nov 10th, 2017

Ini Dia Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Wajah dan Rambut Serta Cara Membuatnya

Lidah buaya atau aloe vera termasuk salah satu jenis tanaman yang mengandung banyak air dan serat. Selain enak untuk dijadikan sari buah dan dimakan karena mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan, lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Bukan rahasia lagi jika lidah buaya sering dijadikan salah satu bahan produk perawatan kecantikan. Untuk memperoleh manfaat yang lebih alami, Anda bisa membuat masker lidah buaya sendiri di rumah. Caranya pun cukup mudah. Berikut ini manfaat dari lidah buaya atau aloe vera :

  • Manfaat lidah buaya untuk masalah kulit tubuh dan kepala.

Sudah dari jaman dahulu kala, lidah buaya digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa masalah pada kulit, seperti luka bakar yang ringan, kulit yang terbakar sinar matahari, frostbite atau radang dingin, psoriasis, gatal-gatal dan ruam merah pada kulit, hingga mengobati dompo alias herpes.

  • Lidah buaya memberikan sensasi dingin dan melembabkan.

Senyawa kimia yang terkandung di dalam lidah buaya diklaim dapat melancarkan sirkulasi pembuluh darah kecil yang ada di bawah kulit serta dapat membunuh bakteri serta jamur. Selain itu, aloe vera atau lidah buaya ini juga memiliki senyawa aktif yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan, menstimulasi pertumbuhan dan recovery pada kulit serta dapat memberikan sensasi dingin dan melembabkan kulit.

Memang saat ini ada banyak produk yang berbahan lidah buaya yang bisa Anda jumpai di pasaran maupun situs belanja online terpercaya . Mulai dari makanan dan minuman, perawatan kulit wajah, perawatan rambut, dan masih banyak lagi.

Namun memakai sesuatu yang alami seperti masker lidah buaya yang kita buat sendiri dapat memberikan berbagai manfaat selama cara pengolahannya benar.

  • Masker aloe vera untuk wajah.

Cara membuat masker aloe vera untuk masing-masing jenis kulit berbeda-beda. Untuk kulit normal misalnya, campurkan 1 sdm lidah buaya yang sudah di hancurkan dengan 1 sdm tepung tapioca dan 1 sdt jeruk nipis, oleskan secara merata, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Untuk kulit berminyak maupun berjerawat, rebuslah 1 batang lidah buaya yang sudah dikupas, lalu blender sampai menjadi pasta, tambahkan beberapa tetes madu, gunakan selama 15 menit dan seminggu sekali.

Untuk kulit sensitif, campurkan 1 sdm gel lidah buaya dengan 2 sdm jus mentimun dan 3 tetes air mawar atau minyak esensial. Oleskan pada wajah Anda selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Untuk kulit kering, gel lidah buaya dicampurkan dengan olive oil atau shea butter hingga menjadi pasta kental, oleskan merata pada wajah, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

  • Masker aloe vera untuk rambut.

Masker lidah buaya tidak hanya baik untuk kulit wajah saja, namun juga rambut. Lidah buaya diklaim dapat membantu menyuburkan rambut dan membuatnya nampak sehat dan berkilau. Selain itu, dapat juga digunakan untuk melawan ketombe. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan mengambil 2-3 batang lidah buaya yang berukuran besar, kupas kulitnya, cuci bersih lalu blender, kemudian saring. Setelah keramas, oleskan ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala sambil dipijat-pijat, tutup dengan handuk basah atau shower cap selama 5-10 menit, kemudian bilas kembali.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>