IBX582022AF841EE
Published On: Sat, Nov 18th, 2017

Sukses Mengemudikan Mobil Saat Banjir Bukanlah Hal Mustahil

Musim hujan segera tiba. Banjir bukanlah hal asing bagi kita yang tinggal di tanah air. Genangan air yang meninggi dan meluas memang kerap melumpuhkan sebagian besar aktivitas masyakarat. Mengemudikan mobil pun menjadi sangat sulit kalau genangan air bertambah tinggi.

Sebenarnya mengemudikan mobil saat banjir bukanlah hal mustahil. Terutama bila ketinggian air banjir masih berada dalam batas toleransi. Lakukan saja beberapa hal ini agar kita berhasil melewati banjir dengan selamat saat mengemudikan mobil :

Asuransi Mobil Banjir

Mengenali Karakter Mobil Pribadi dengan Baik

Tak semua jenis mobil bisa menerobos genangan banjir dengan lancar. Mobil-mobil dengan bentuk pendek seperti sedan tentu berisiko mogok saat melewati air. Hal ini tentu berbeda dengan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) atau Sport Utility Vehicle (SUV) yang lebih mudah melewati banjir. Mobil yang biasanya diservis secara teratur akan memiliki kondisi yang lebih prima dan siap menerjang banjir.

Mencermati Ketinggian Air dengan Tepat

Kita harus memiliki kemampuan yang baik untuk mencermati ketinggian air banjir. Karena air banjir yang berada di atas batas toleransi akan membuat mobil mogok. Alangkah lebih baik jika ketinggian air tidak melebihi ketinggian knalpot mobil. Agar risiko air masuk ke knalpot bisa diminimalkan.

Mematikan AC untuk Beberapa Saat

Mematikan AC saat melewati banjir akan mengurangi beban kelistrikan pada mobil kesayangan kita. Sehingga mobil dapat melaju dengan mulus melewati genangan air. Selain itu, mematikan AC juga akan meminimalkan risiko korsleting listrik sewaktu mesin mobil terkena air.

Memakai Gigi Terendah dan Tidak Melepas Gas

Mengendarai mobil di tengah genangan air memang butuh trik khusus. Kita wajib memakai gigi terendah dan setengah kopling. Usahakan untuk tidak melepas gas supaya air tidak masuk melalui knalpot mobil. Lakukan cara ini sembari menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Dengan demikian, kita tak perlu menghentikan laju mobil di tengah genangan air.

 

Usai berhasil melewati banjir, kita harus merawat mobil secara mandiri agar performanya tetap prima. Namun untuk urusan perlindungan terhadap risiko kehilangan mobil, kita bisa mempercayakannya pada asuransi mobil berkualitas di Futuready. Supermarket asuransi yang satu ini memiliki ragam pilihan asuransi mobil berkualitas. Kita tinggal mengakses website-nya berikut ini untuk mendapatkan informasi lengkap yang kita butuhkan:

https://www.futuready.com/asuransi/produk/mobil

Bersama Futuready, memilih asuransi mobil jadi kian mudah, hemat, dan menyenangkan.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>