IBX582022AF841EE
Published On: Thu, Dec 21st, 2017

Mengenal matcha lebih jauh dari manfaat dan khasiatnya

Akhir-akhir ini tentu Anda sering mendengar tentang matcha. Dan timbul pertanyaan Apa sih matcha itu? Matcha adalah teh hijau berbentuk bubuk yang dipergunakan pada setiap upacara minum teh di Jepang.

Perbedaan matcha dan teh hijau terletak pada saat pemanenan dan pembuatannya teh. Sebelum beberapa minggu dipanen, daun teh hijau ditutup dengan menggunakan kain untuk membatasi masuknya sinar matahari. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kandungan klorofil yang terdapat di daun teh sehingga dapat menghasilkan warna hijau yang berbeda. Lalu daun teh dikukus atau direbus, dikeringkan dan dihaluskan hingga menjadi bubuk.

Matcha Adalah

Matcha memiliki kualitas baik dengan memiliki rasa manis daripada teh hijau pada umumnya. Matcha mempunyai manfaat yang banyak daripada teh hijau biasa. Apa sajamanfaat itu? Berikut ulasannya.

Kaya akan Antioksidan
kandungan yang terdapat di matcha adalah polyphenols yang berkhasiat sebagai antioksidan bag tubuh anda. Antioksidan berperan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan pertumbuhan sel-sel kanker serta dapat melancarkan peredaran darah, dan sebagai anti-penuaan dini.

Kafein
Matcha mengandung 70 miligram kafein yang setara dengan secangkir kopi. Kandungan kafein dan catechin di dalam matcha bermanfaat sebagai sistem saraf dan pembakaran lemak.

Menenangkan Pikiran agar rileks
Matcha L-theanine, asam amino yang dapat menenangkan pikiran anda. Dalam penelitian terbaru menunjukan bahwa L-theanine bekerja dengan kafein supaya menghasilkan efek positif pada suasana hati anda. Dengan meminum matcha dapat merelaksasikan pikiran agar suasana hati menjadi lebih tenang.

Sebagai Penambah Rasa
Matcha memiliki rasa yang unik manis, dan gurih, sehingga sering digunakan sebagai penambah rasa buatan pada beberapa makanan, seperti kue cubit, roti, puding dan ice cream.

Akan tetapi, kandungan matcha kaya akan antioksidan dan zat lainnya itu menyehatkan, minum teh hijau atau matcha dalam jumlah terlalu berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan anda karena jumlah kafein yang dikandungnya cukup banyak. Maka, mengonsumsi matcha sewajarnya, dengan tidak lebih dari secangkir perharinya. Danperlu diingat matcha itu tidak cocok diberikan kepada anak-anak.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>