IBX582022AF841EE
Published On: Thu, Jun 21st, 2018

Jenis Fitting dan Aksesoris pipa HDPE Serta Cara Penyambungannya

Saluran air memang menjadi satu aspek vital dalam sebuah hunian. Dimana dengan saluran air yang baik maka aktivitas rumah tangga menjadi lancar dan menunjang aktivitas lainnya. Maka tentu saja penting bagi anda untuk memperhatikan kondisi saluran air dengan baik. Dimana salah satu yang perlu anda perhatikan ialah mengetahui berbagai jenis fitting dan juga aksesoris pipa yang rekomended untuk digunakan. Baik karena spesifikasi maupun kualitasnya. Salah satunya ialah jenis pipa HDPE yang juga umum direkomendasikan oleh masyarakat.

Memang ada banyak jenis pipa yang ada dan bisa digunakan untuk dalam aplikasi saluran air. Akan tetapi memilih satu yang direkomendasikan akan memberikan banyak keuntungan untuk anda. Salah satunya ialah dengan menggunakan pipa HDPE. Maka berikut ini adalah informais penting mengenai fitting dan aksesorif HDPE yang perlu anda ketahui. Pipa HDPE atau high density polyethylene adalah jenis pipa paslik yang memiliki tekanan besar dan rekomendasi digunakan sebagai saluran air maupun saluran gas.

Fitting Rucika

Lalu apa saja aksesoris yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan pipa hdpe ini agar bisa digunakan secara optimal. Yang pertama adalah socket. Socket ini merupakan jenis aksesoris pipa hdpe yang digunakan untuk memperpanjang pipa. Dimana socket ini diaplikasikan secara lurus dan disambungkan dengan metode pengucian ulir. Yang kedua ada Elbow atau L. Elbow ini umumnya digunakan untuk membelokkan air dengan ulir yang ada pada bagian dalam pipa. Umumnya elbow ini digunakan pada aliran air besar bahkan sering kali digunakan untuk membagi aliran air menjadi dua arah. Nama lain dari elbow ini adalah tee.

Kemudian jenis aksesoris yang ketiga adalah Reducer. Reducer ini digunakan untuk menyambungkan dua pipa dengan diameter yang berbeda. Dimana aksesoris ini terdapat dua macam yaitu reducer elbow dan reducer socker. Sesuai dengan namanya, untuk reducer elbow ini digunakan untuk membelokkan saluran air sedangkan reducer socker digunakan untuk meluruskan aliran air. Itulah beberapa jenis aksesoris pipa yang bisa digunakan dalam penyambungan pipa termasuk pipa hdpe. Penyambungan pipa ini dikenal juga dengan sebutan fitting. Tanpa adanya aksesoris ini, maka pipa yang anda miliki tidak akan bisa berfungsi dengan baik sehingga pipa tidak akan menjadi saluran yang efektif untuk menunjang aktivitas rumah tangga anda.

Lalu bagaimana cara fitting pipa dan aksesoris ini? Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa cara penyambungan pipa hdpe yang bisa anda lakukan. Cara pertama ialah proses compression fitting joint. Proses ini dilakukan dengan cama menyambungkan pipa hdpe dengan aksesorisnya tanpa menggunakan lem. Anda hanya perlu membuka compression collar kemudian melepaskan bagian union dan juga ring penjepitnya.

Selanjutnya anda perlu memasang unin dan ring penjepit pada bagian ujung pipa. Setelah itu anda bisa mulai memasang kembali compression collar pada aksesoris taadi dan kencangkan saja baik dengan tangan atau alat bantuan. Cara yang kedua yaitu dengan proses but fushion joint. Cara ini dilakukan dengan memanaskan kedua ujung pipa kemudian anda bisa mulai menyambungkannya dengan butt fusion.

Yang perlu anda lakukan hanyalah memasangkan butt fushion pada ujung pipa yang akan disambungkan kemudian kencangkan penjepitnya dengan bantuan alat sampai kedua pipa berada pada satu sumbu. Setelah itu and abisa meratakan pipa dan kemudian pasangkan alat pemanas di ujung pipa. Panaskan pipa sampai titik senyawa kemudian sambung dan tekan kedua ujung pipa hingga rapat.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>