IBX582022AF841EE
Published On: Fri, Jun 22nd, 2018

Cara Memilih KTA untuk Modal Usaha

Berwirausaha kini semakin digiatkan oleh pemerintah, Indonesia sebagai negara dengan populasi keempat terbesar di dunia bahkan memiliki jumlah pengusaha lebih sedikit ketimbang negara tetangga Singapura dan Malaysia. Ketimpangan ini kemudian direspon pemerintah dengan perubahan perundang-undangan dan pemberian stimulus untuk meningkatkan gairan grass root startup di Indonesia.

Menyiapkan dana selalu menjadi struggle utama dalam membangun bisnis. Ide telah kita siapkan, planning bisnis telah ada, namun dana awal untuk menggerakkan mesin masih jauh dari ideal. Disinilah peran dunia perbankan dibutuhkan untuk menjadi katalis bagi perkembangan dunia usaha di Indonesia. Respon dari bank ditranslasikan dalam berbagai produk perbankan baik itu pinjaman lunak untuk UKM dan kredit. Salah satu diantara banyak produk kredit yang ditawarkan adalah Kredit Tanpa Agunan. Jenis kredit yang fleksibel ini telah menjadikannya pilihan terbaik untuk semua kebutuhan baik yang bersifat konsumtif maupun konstruktif.

KTA CEKAJA

Memilih KTA untuk modal usaha juga pilihan yang cukup masuk akal, karena sifat kredit yang tidak membutuhkan jaminan serta level bunga yang bersaing. Namun seperti memulai usaha yang akan penuh resiko, pengajuan KTA untuk modal usaha juga harus dibarengi dengan persiapan rencana-rencana yang matang. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih KTA sebagai sumber modal usaha kamu.

Buat Perencanaan Bisnis

Sebelum memulai sebuah bisnis, langkah paling penting setelah ide usaha adalah business plan, kamu harus dapat menentukan apakah bisnis kamu profitable, darimana asal penghasilan, berapa pendapatan dan berapa dana yang dibutuhkan untuk men-trigger pergerakan usaha kamu. Selain kamu dapat mereka dengan jelas, pihak bank juga akan mendapatkan informasi yang terperinci tentang kebutuhan anggaran kamu.

 

Tentukan Jumlah Dana

Plafon peminjaman dana KTA untuk usaha mungkin tidak sebesar kredit-kredit lain yang dikhusukan untuk wirasusaha. Namun tidak ada salahnya untuk memilih kredit tanpa agunan sebagai modal usaha kamu as long as  dari hasil reka planning bisnis kamu, dana yang ditawarkan melalui plafon KTA telah cukup. Perlu diingat juga bahwa, kamu perlu menghitung dengan benar semua kebutuhan dana agar tidak kesulitan di kemudian harinya. Selain itu, alangkah baiknya untuk tidak meminjam dana lebih besar dari kebutuhan dan kemampuan membayar perusahaan kamu.

 

Perhatikan Syarat dan Keuntungan

Ada banyak produk KTA diluar sana, dan kamu harus terus menerus mencari tahun dan menimbang sebelum menjatuhkan pilihan pada satu produk KTA. Jangan lupa juga untuk membaca semua persyaratan yang akan diminta oleh bank dalam proses pengajuan KTA.

Siapkan Backup Plan dan Kemampuan Membayar

Kita semua tahu bunga KTA lebih tinggi dari kredit biasanya dan ini adalah hal pertama yang harus kamu konsiderasikan sebelum memilih untuk menggunakan KTA sebagai modal usaha. Perhatikan baik-baik flow keuangan usaha kamu dan siapkan tabungan cadangan untuk backup plan jika perjalanan usaha kamu menghadapi kendala.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>