IBX582022AF841EE
Published On: Fri, Jul 27th, 2018

Alasan Penting Mengapa Pelru Mengetahui Usia Kehamilan Dan 3 Pilihan Cara Menghitung Usia Kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan – Bagi pasangan suami-istri yang telah lama menikah, kehadiran buah hati adalah selalu yang ditunggu. Bila sudah diketahui bawah istri tengah hamil, maka banyak hal yang perlu disiapkan. Pada saat hamil pula, pastinya banyak yang bertanya berapa usia kehamilannya. Supaya tidak binggung untuk menjawabnya dan juga untuk mengetahui secara pasti mengenai usia kehamilan seorang ibu hamil, maka perlu dilakukan cara menghitung usia kehamilan dengan hpht. Mengetahui usia kehamilan ternyata juga sangatlah penting. Berikut ini akan kami sampaikan pada anda, Mom alasannya mengapa kita perlu mengetahui usia kehamilan kita dan bagaimana caranya untuk menghitung usia kehamilan. Di sini kami akan berikan kepada anda 3 ulasan caranya dalam menghitung usia kehamilan. Mohon disimak baik-baik di bawah ini.

Menghitung Usia Kehamilan

Alasan Penting Mengetahui Usia Kehamilan

Mengetahui usia kehamilan itu sangatlah penting. Alasannya adalah pada saat hamil, ibu hamil perlu banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi guna memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janinnya. Selain itu, ada pula makanan yang perlu dihindari oleh ibu hamil agar kesehatan janinnya tetap terjaga. Makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi berbeda sesuai dengan usia kandungan. Oleh sebab itu, supaya tidak salah makan, penting bagi ibu untuk mengetahui usia kehamilannya. Alasan-alasann lainnya adalah sebagai berikut;

  • Untuk dapat beraktifitas dengan semestinya. Hal ini dikarenakan aktivitas ibu hamil juga harus disesuaikan dengan usia janin. Misalnya, pada usia kehamilan trimester pertama, ada beberapa aktivitas yang harus dihindari, karena kemungkinan aktifitas tersebut dapat membuat goncangan yang bisa membahayakan janin yang masih lemah. Selain itu, biasanya hal-hal yang harus dihindari ketika hamil muda sudah bisa dilakukan ketika sudah masuk pada trimester kedua dan ketiga, maupun sebaliknya.
  • Untuk mengetahui hari perkiraan lahir.
  • Untuk dapat mempersiapkan kebutuhan bayi dengan tepat.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Manual Dengan Memperhatikan Siklus Haid

Usia kehamilan selama 40 minggu atau 280 hari dihitung sejak hari terakhir berhenti haid. Ini disebut pula sebagai cara menghitung usia kehamilan yang benar secara manual. Caranya adalah dengan memperhatikan siklus haid yang dialami. Dimulai dengan hari pertama haid terakhir atau di singkat menjadi HPHT, lalu bisa dihitung menggunakan rumus yang dikenal dengan nama Naegele. Bagi yang memiliki siklus haid teratur bisa menggunakan rumus hari pertama haid terakhir dikurangi (-) dengan 7 dan pada bulan haid dikurangi (-) 3, lalu pada tahun ditambah dengan angka 1. Apabila bulannya tidak bisa dikurangi (-) 3, misalnya pada bulan Januari-Maret maka perlu dijumlahkan dengan 9, Namun pada tahun tidak usah ditambahkan dengan angka 1. Cara menghitung usia kehamilan ini terbilang mudah dan praktis, serta bisa dilakukan di rumah sendiri.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Mendeteksi Gerakan Janin

Cara kedua yang dapat dilakukan adaah dengan mendeteksi gerakan janin. Caranya sangat mudah, yaitu anda hanya perlu merasakan gerakan janin anda. Bila dirasakan janin sudah mulai bergerak, maka ini dapat diperkirakan bahwa usia kehamilannya sekitar 18-20 minggu. Namun, cara ini kurang akurat dan hanya berlaku bagi wanita yang baru pertama kali hamil. Sedangkan, untuk wanita yang sebelumnya sudah pernah, bila ingin mengtahui usia janin dengan merasakan gerakan janin, usia kehamilannya diperkirakan sekitar 16-18 minggu.

 Cara Modern Menghitung Usia Kehamilan Dengan Menggunakan Kalkulator Kehamilan Online

Di zaman modern saat ini, semua hal sudah terhubung secara online. Begitu pula untuk mengetahui usia kehamilan. Anda bisa mencoba cara modern dengan menghitung kehamilan secara online dengan hanya mengetik kalkulator kehamilan pada browser Anda. Lalu, pada layar monitor akan keluar tautan-tautan yang dapat menghitung usia kehamilan anda secara online. Langkah cara menghitung usia kehamilan dalam bulan ini, yaitu pertama-tama anda hanya perlu memasukkan tanggal, bulan, dan tahun hari pertama haid terakhir Anda (HPHT) yang disertai dnegan sikuls haid yang biasanya anda alami. Kemudian, pada tautan tersebut akan menghitung dan memberitahukan usia kehamilan anda.

Itulah sekiranya yang dapat disampaikan mengenai alasan penting mengapa perlu mengetahui usia kehamilan dan 3 pilihan cara menghitung usia kehamilan. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat bagi anda.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>