IBX582022AF841EE
Published On: Wed, Dec 19th, 2018

Ini Dia Tips Persiapan Berangkat Umroh Yang Harus Anda Ketahui

Umroh merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT, namun hukumnya tidak wajib. Ada biro jasa yang menawarkan biaya umroh murah, dan ada juga yang menawarkan biaya mahal. Namun, ibadah umroh yang terpentingnya adalah agar kita mendapatkan ridho dari Allah SWT. Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut beberapa tips persiapan sebelum berangkat umroh :

Biaya Umroh Murah

Persiapan Ruhani :

– Tips persiapan ruhani untuk berangat Umroh yang pertama adalah luruskan niat. Dimana ibadah umroh yang akan anda lakukan haruslah dilakukan semata-mata karena Alloh Ta’ala. Karena dengan niat yang benar dan lurus, maka ibadah umroh yang akan anda lakukan Insya Alloh akan dimudahkan serta diterima oleh Alloh SWT.

– Seyogyanya setiap muslim diharuskan untuk banyak bertaubat dan selalu memperbaiki diri dengan akhlak yang lebih baik lagi, terutama bagi anda yang akan pergi berangkat umroh. Karena anda akan berkunjung ke Baitulloh ( Rumah Alloh), sehingga anda harus mempersiapkan diri anda dengan banyak beristigfar (minta ampunan dari Alloh SWT), serta memperbaiki kualitas maupun kuantitas amalan soleh anda, baik itu amalan yang wajib maupun yang sunnah. Karena sudah banyak berbagai kejadian yang memperlihatkan bagaimana perilaku jelek seseorang di tanah airnya akan dibalas langsung oleh Alloh SWT di tanah suci. Oleh karena itu, sebelum anda pergi berangkat umroh, sebaiknya anda memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu, perbaiki hubungan anda dengan Alloh SWT dan perbaiki hubungan anda dengan sesama.

– Tips persiapan ruhani untuk berangat Umroh yang selanjutnya adalah, sebaiknya anda mempelajari setiap hal yang ada hubungannya dengan pelaksanaan ibadah umroh. Hal ini dilakukan agar supaya anda bisa melakukan ibadah umroh dengan benar dan lancar. Anda juga harus mempelajari beberapa tata cara ibadah selama perjalanan menjalankan ibadah umroh, seperti cara bertayamun, sholat di kendaraan dalam hal ini adalah pesawat, dan tata cara ibadah lainnya yang bisa dilakukan di Makkah maupun Madinah.

– Untuk anda yang masih memiliki hutang, sebaiknya anda melunasi hutang tersebut terlebih dahulu. Selain itu bagi anda yang bertindak sebagai kepala rumah tangga, sudah semestinya untuk mempersiapkan segala keperluan keluarga yang ditinggalkan di rumah ketika anda sedang melakukan ibadah umroh.

– Membiasakan amalan wajib maupun sunnah semenjak di tanah air, supaya ketika sudah berada di tanah suci akan terbiasa melaksanakannya.

Persiapan Fisik :

– Tips persiapan fisik untuk berangkat umroh yang pertama adalah dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan, atau lari-lari kecil setiap pagi sehingga tubuh anda tetap prima dan selalu terjaga kebugaran tubuhnya.

– Tips selanjutnya adalah dengan selalu mengkonsumsi multivitamin guna menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

– Konsultasikan kesehatan anda secara rutin kepada dokter.

Perlengkapan Umroh Bagi Pria :

– 2 stel celana panjang.

– 2 stel baju takwa / baju koko.

– 1 stel baju ihram beserta sabuknya. Biasanya perlengkapan ini diberikan oleh biro perjalanan umroh ketika pelunasan.

– 2 – 3 buah kaos oblong yang nantinya bisa dicuci sehingga tidak membutuhkan banyak kaos.

– 1 buah jaket yang sangat dibutuhkan ketika cuaca disana dingin atau ketika berada di ruangan yang ber  AC.

– Alat cukur serta peralatan mandi, dan obat-obatan.

Perlengkapan Umroh Bagi Wanita :

– 1 buah mukena atasan.

– 3 stel baju.

– 2 buah sarung tangan.

– Kaos kaki.

– Baju ihram.

– Baju tidur

– Peralatan mandi.

– Obat-obatan.

Itulah beberapa tips yang harus anda ketahui sebelum berangkat umroh, dan semoga saja bisa dijadikan bahan referensi.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>