IBX582022AF841EE
Published On: Wed, Jan 23rd, 2019

Cara Sablon Kaos Menggunakan Teknik Sublimasi Beserta Kelebihannya

Dalam dunia industri kaos, teknik sablon kaos merupakan hal yang cukup lumrah. Selain karena tidak memakan budget yang besar, teknik sablon juga tergolong mudah untuk dipelajari dan diaplikasikan oleh siapa saja. Pengerjaan pencetakan gambar pada baju dengan teknik sablon terutama dengan teknik sublimasi juga hanya memerlukan beberapa alat saja yang cukup mudah ditemukan. Bagi para pengusaha pemula cukup menyiapkan printer kertas dengan tinta sublimasi, kertas sublim (transfer paper), dan mesin press kaos untuk merekatkan gambar dengan menghasilkan panas.

Sablon Kaos

Yang perlu diketahui oleh para pengusaha kaos, tinta sublimasi memiliki kelebihan yaitu mudah ditransfer menjadi gambar pada kaos. Hal ini dikarenakan kebanyakan tinta sublimasi terbuat dari bahan air yang sensitif terhadap suhu panas. Tinta yang bersentuhan dengan panas dari mesin press akan menyublim dan merembes pada bahan kain dan akan menghasilkan warna yang tajam.

Selain itu teknik sablon sublimasi ini juga paling optimal apabila diaplikasikan pada kaos dengan warna putih dengan bahan Tetron cotton (perpaduan antara bahan katun dengan polyester). Namun yang harus diperhatikan adalah kualitas tinta sublimasi sangat memegang kunci dari kualitas gambar yang dihasilkan pada pakaian dimana tinta harus dapat menyublim secara sempurna dalam suhu 194 hingga 216 derajat celcius.

Prosedur Penggunaan Teknik Sablon Sublimasi

Sebagai teknik percetakan yang paling konservatif, sablon sublimasi memiliki kelebihan yaitu sangat efisien untuk produksi pencetakan baju dalam jumlah banyak. Berikut merupakan penjelasan mengenai prosedur pencetakan baju kaos dengan teknik sablon sublimasi

  1. Print desain yang diinginkan dengan printer yang telah menggunakan tinta sublimasi, harap diingat untuk mengeprint gambar yang sudah dalam kondisi berputar 180o atau mirroring.
  2. Siapkan kaos yang akan dicetak pada mesin press untuk mengoptimalkan suhu yang dibutuhkan untuk melakukan pencetakan pada kaos
  3. Letakkan cetakan desain pada kaos yang sudah dipanaskan di mesin press lalu tekan mesin hingga cetakan desain menempel pada kaos selama 5 hingga 10 detik. Usahakan untuk menjaga suhu mesin press pada suhu 190 derajat celcius
  4. Setelah proses pengepress-an selesai, dinginkan baju agar gambar menempel sempurna

Kelebihan Penggunaan Teknik Sablon Sublimasi

Kelebihan dari teknik sablon sublimasi ini sendiri sudah sedikit dibahas di atas yaitu mudah untuk diaplikasikan dan tidak memerlukan banyak orang . Namun tidak hanya itu saja, berikut kelebihan teknik sablon sublimasi yang lainnya :

  1. Warna yang tajam. Hasil penyubliman tinta terhadap kaos akan menghasilkan warna tinta yang lebih awet dan lebih tajam serta tidak mudah luntur. Hal ini dikarenakan warna tinta akan menyerap dan mengering dengan sempurna pada bahan kain. Selain itu tinta sablon sublimasi juga dapat menghasilkan gradasi warna yang lebih hidup.
  2. Dapat digunakan baik untuk produksi mikro maupun partai besar. Dikarenakan tidak begitu banyak memakan bahan baku, maka teknik sablon sublimasi ini dapat digunakan untuk melayani produksi dalam jumlah kecil hingga partai besar. Selain itu harga tinta sublimasi juga tergolong ekonomis dengan asumsi harga 122.000 perbotol dapat digunakan untuk mencetak 15-20 kaos.
  3. Langsung dapat disetrika. Salah satu bukti bahwa tinta sublimasi menyerap sempurna adalah tidak adanya larangan untuk langsung menyetrika pakaian ini. Pakaian juga dapat langsung dicuci bagi yang terbiasa untuk mencuci baju baru.
  4. Dapat digunakan di media keras. Meski dianjurkan untuk diaplikasikan pada kaos putih agar hasilnya sangat optimal. Teknik sablon sublimasi juga dapat diaplikasikan terhadap media yang notabene bukanlah penyerap tinta yang sempurna. Teknik sablon sublimasi ini dapat diaplikasikkan kepada mug ataupun keramik dengan menggunakkan tungku panas.

Tertarik untuk menggunakan teknik sublimasi untuk sablon kaos? Silakan mencobanya saja.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>