IBX582022AF841EE
Published On: Fri, Feb 1st, 2019

Bagaimana Cara Memilih Sabun Mandi yang Pas untuk Kulit?

Meski terdengar sepele, memilih sabun mandi yang pas untuk kulit adalah hal yang wajib dilakukan bila Anda ingin kulit tetap sehat dan cantik. Jadi, tak bisa sembarangan pilih juga. Anda harus menyesuaikannya dengan jenis kulit. Agar tak salah pilih, Anda bisa menerapkan beberapa tips pilih sabun untuk mandi yang ada di bawah ini!

Sabun Mandi

  1. Kulit Kering

Untuk mereka yang memiliki kulit kering yang ditandai dengan kulit lebih mudah bersisik, mudah gatal dan cenderung mudah kusam, Anda sebaiknya memilih sabun yang tidak terlalu banyak mengandung deterjen ataupun antibakteri. Sebab, jenis sabun yang seperti ini akan membuat kulit Anda jadi semakin kering.

Sebaiknya, Anda bisa memilih sabun jenis shower cream saja dengan label yang mampu memberikan kelembapan berlebih. Sabun yang mengandung susu atau shea butter juga bisa Anda jadikan pilihan.

  1. Kulit Berminyak

Lalu, untk Anda yang memiliki kulit berminyat yang cenderung lembap dan kenyal. Sebenarnya jenis kulit ini bisa dikategorikan jenis yang sehat. Namun, kulit yang terlalu berminyak juga tidak karena bisa membuat bakteri berkembang lebih cepat. Untuk kulit jenis ini, ada baiknya Anda menggunakan sabun yang mengandung antibakteri.

Pilihlah yang mengandung madu atau bahan lembut lain dengan kandungan deterjen yang sedikit atau tidak ada sama sekali. Selain itu, Anda juga bisa memilih sabun yang mengandung gliserin untuk memberishkan kulit berminyak.

  1. Kulit Sensitif

Jenis kulit yang satu ini adalah yang paling susah dalam menemukan sabun mandi yang cocok. Sebab, jenis kulit ini cenderung rewel dalam masalah perawatan. Salah sedikit saja, bisa-bisa kulit Anda iritasi. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, baiknya Anda memilih sabun yang tidak mengandung pewarna ataupun parfum.

Selain itu, pastikan juga sabun yang Anda pilih memiliki kadar pH yang seimbang atau pH balance. Tak ada salahnya juga Anda memilih sabun dengan bahan organik. Sebab, sabun dengan jenis ini cenderung tidak memiliki bahan pengawet dan bisa mengurangi efek samping dari penggunaan sabun pada kulit.

Sebab, tidak semua kandungan dalam sabun cocok untuk kulit Anda. Termasuk sabun yang khusus untuk kulit sensitif. Walaupun banyak jenis sabun untuk mandi yang bisa Anda temukan di pasaran, namun itu tidak menjamin Anda akan cocok dengan salah satunya. Agar aman, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum memilih.

  1. Kulit Kombinasi

Lain lagi dengan jenis kulit kombinasi. Kulit kombinasi ini adalah perpaduan antara kulit kering dan berminyak. Jenis kulit yang satu ini harus dibersihkan dengan cara khusus menggunakan produk khusus juga. Salah satunya adalah dengan menggunakan sabun yang lembut dan sedikit kandungan kimianya.

Pada area kulit yang kering, Anda bisa menggunakan pelembap. Sedangkan pada area yang lebih berminyak, Anda bisa menggunakan sabun khusus untuk kulit berminyak untuk mencegah terjadinya peradangan.

  1. Kulit Normal

Untuk Anda yang memiliki kulit normal, Anda patut bahagia karena Anda bisa memilih jenis sabun apapun. Mulai dari sabun batang, shower gel hingga body wash pun tak masalah. Namun, ada baiknya Anda tetap memilih sabun yang kandungan kimianya sedikit.

Itulah tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan sabun mandi yang pas untuk jenis kulit Anda. Ingat, mendapatkan sabun yang cocok untuk kulit itu perlu agar kulit tetap sehat. Salah satu sabun yang bisa Anda gunakan adalah Lifebuoy yang diformulasikan khusus untuk setiap jenis kulit.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>