IBX582022AF841EE
Published On: Wed, Feb 27th, 2019

INI DIA BERBAGAI JENIS LAPTOP DAN TIPS MEMBELI LAPTOP BEKAS

Laptop

 

Komputer jinjing atau yang biasa disebut Laptop merupakan jenis komputer yang berukuran kecil serta ringan yang memiliki berat sekitar 1-6 kg, tergantung spesifikasi, ukuran dan bahan dari komputer jinjing itu sendiri. Laptop memiliki sumber daya baterai atau charger AC yang dapat kamu gunakan ketika daya baterai laptop lowbat. Daya baterai laptop bisa bertahan antara 1 – 10 jam, itupun tergantung pemakaian dan spesifikasi dari baterai laptop maupun jenis laptop yang kamu gunakan.

Laptop di bagi menjadi 2 jenis yaitu Notebook dan Netbook. Notebook memiliki bentuk yang sama seperti laptop sedangkan Netbook memiliki bentuk yang lebih kecil dari pada laptop dan notebook.

Laptop atau komputer jinjing memiliki fungsi yang sama seperti halnya komputer pada umumnya. Komponen yang dimiliki komputer jinjing ini sama halnya dengan yang dimiliki komputer pada umumnya, hanya saja ukurannya diperkecil, bisa dibawa kemanapun, lebih ringan dan juga hemat daya listrik rumah.

Komputer jinjing atau laptop biasanya menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) yang memiliki ukuran antara 10 sampai 17 inci. Selain itu, papan ketik dan mouse sudah menjadi satu rangkaian tidak seperti halnya komputer biasa, jadi kita tidak perlu repot membawanya serta tidak terasa berat, tetapi jika kamu merasa mouse dan papan ketik pada laptop kurang nyaman kamu bisa menambahkan papan ketik dan mouse external yang memiliki port USB.

Laptop memiliki desain khusus yang dibuat untuk membantu jenis komputer desktop yang bersifat nirkable. Komponen utama laptop berukuran kecil, menghemat energi listrik dan sesuai. Laptop memiliki harga yang mahal daripada komputer desktop dan itupun tergantung pada spesifikasi dan merek laptop tersebut. Sekarang laptop sudah memiliki banyak merek seperti : Samsung, Dell notebook, Asus, dan masih banyak merk lainnya.

Jenis laptop

Notebook

Samsung

samsung

Notebook merupakan jenis komputer jinjing portable dan memiliki baterai untuk menyimpan daya, sehingga memudahkan kita untuk pergi kemanapun dan bahkan saat tidak ada listrik.

Netbook

Netbook merupakan jenis komputer jinjing yang mempunyai berbagai macam. Pada umumnya Netbook mengusung prosesor Intel dan AMD. Laptop jenis Netbook ini memiliki ukuran kecil dibawah 12 inci dengan berat kurang dari 1 kg.

Laptop jenis ini mulai terkenal sejak Asus meluncurkan produknya yang bernama Eee PC. Waktu itu Netbook dengan harga murah ini hanya menggunakan harddisk berkapasitas rendah 4GB serta dilengkapi dengan port USB Flash Disk (UFD).

 

 

Laptop jenis mainstream memiliki spesifikasi tingkat dewa dimana prosesor yang digunakan Intel core berjenis Core i3,i5,i7 dan belum lama ini muncul terbarunya yaitu i8. Dengan memori internal (harddisk) sebesar 1 TB dan RAM 4,8GB membuat Laptop jenis ini dinamai Mainstream karena memiliki spesifikasi yang berbeda dengan laptop pada umumnya.

 

Tablet PC

Laptop jenis ini memiliki fitur touch screen atau layar sentuh yang dapat diputar 180 derajat dan memudahkan pemiliknya untuk dibawa kemanapun.

Ini beberapa tips versi saya jika anda ingin membeli laptop bekas :

Berapa lama penggunaan laptop bekas yang ingin kamu beli

Karena usia barang elektronik yang lama kelamaan akan menurunkan performa barang tersebut. Maka dari itu sebaiknya kamu menanyakan berapa lama si penjual ini memakai laptopnya dan kapan dia membelinya. Bahkan, jika ada nota si penjual laptop itu pertama beli kamu bisa menanyakannya. Paling tidak usia lama laptop itu 1 tahun dan jika setelah itu performa serta kinerja laptop akan semakin menurun saat anda menggunakannya sehari-hari.

Perhatikan spesifikasi laptop bekas tersebut

            Tips adalah yang paling penting saat kamu ingin membeli laptop bekas sebab spesifikasi ini sangat penting dengan performa laptop. Kamu jangan langsung percaya 100% dengan spesifikasi yang diucapkan si penjual. Sebaiknya kamu menggunakan software CPU-Z agar lebih akurat.

Periksa Body laptop

            Cek fisik body pada laptop bekas yang ingin kamu beli apakah masih mulus atau sudah rusak.

Bebas virus

            Ini juga penting karena jika laptop bekas yang kamu beli terdapat virus percuma karena laptopnya hanya akan bertahan beberapa minggu saja bahkan tidak sampai 1 bulan laptop tersebut sudah rusak.

Ketahanan daya baterai

            Semua orang memiliki perlakuan yang berbeda beda kepada laptopnya, ada yang tidak akan mengisi daya baterai jika laptop belum mati. Cara mengeceknya kamu bisa menggunakan laptop itu bermain game selama 10 – 15 menit lalu bandingkan persentase saat kamu pertama bermain game hingga selesai.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>