IBX582022AF841EE
Published On: Sun, Mar 24th, 2019

Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam, Panganan Enak Nan Berkhasiat

Indonesia memang terkenal dengan keberagamannya mulai dari suku budaya hingga keberagaman kulinernya. Salah satu kuliner Indonesia yang banyak jenisnya adalah bubur, kita bisa menemui berbagai macam bubur di Indonesia, mulai dari bubur ayam, bubur sum-sum, bubur sagu, ada juga Bubur Kacang Ijo ketan hitam. Panganan yang biasa disebut dengan Burjo ini berbahan utama Kacang hijau yang bukan hanya enak disantap namun juga banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Bubur Kacang Ijo

 

Bubur kacang hijau sendiri merupakan panganan yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan air dan gula aren bersama seikat daun pandan. Bahan-bahan tersebut dimasak sampai mendidih sampai kacang hijau menjadi lunak. Lalu disajikan dengan tambahan santan atau bisa juga ditambah dengan campuran lain semisal ketan hitam. panganan yang satu ini dapat dimakan saat masih hangat maupun dingin dengan cara memasukkan es batu ke dalamnya.

Untuk mencari panganan satu ini bukanlah hal yang sulit, mulai dari warung kecil sampai cafe-cafe disetiap kota di Indonesia sudah banyak menyajikan burjo sebagai menu andalannya, tapi sesekali anda harus mencoba membuatnya dirumah, karena untuk mebuatnya bukanlah hal yang sulit dan bahannya pun mudah untuk didapatkan.

Untuk itu berikut kami sajikan cara membuat bubur kacang ijo ketan hitam yang enak dan berkhasiat:

  • Bahan-bahan:

Siapkan 2 liter air, 50 gram gula merah, 300 ml santan, jahe, 200 gram ketan hitam, 50 gram gula pasir, 2 lembar daun pandan, garam secukupnya, sebagai tambahan anda bisa menyipkan es batu serut atau es krim rasa apapun. Setelah bahan sudah tersedia, Setelah semua bahan sudah ada maka sekarang waktunya untuk mengolah bahan-bahan tersebut.

  • Langkah-langkah Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam
  1. Rendam kacang hijau dan ketan hitam selama 3 jam atau seharian.
    2. Rebus ketan hitam dengan 1 liter air sampai matang. Dalam panci lain, rebus kacang hijau

dengan 1 liter air.
3.   Masukkan daun pandan ke dalam ketan hitam dan kacang hijau.
4.   Masukkan jahe yang sudah dimemarkan ke dalam rebusan kacang hijau.
5.   Lalu masukkan gula merah ke dalam kacang hijau.
6.   Selanjutnya, masukkan gula pasir ke dalam rebusan ketan hitam ketika sudah matang.
7.   Tambahkan santan ke dalam kacang hijau, aduk sampai tercampur rata.

  • Cara memasak saus santan:
  1. Panaskan santan dan pandan dengan sedikit garam.
  2. Masak sampai mendidih.
  3. Sajikan bubur ketan hitam dan kacang hijau dalam wadah, lalu tuang saus santan di atasnyasesuai selera.
  4. Anda juga bisa menambahkan es batu serut dan es krim untuk menambah kesegarannya.

Selain Enak dan Segar Bubur Kacang Ijo juga mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan, antara lain:

  • Kesehatan mata, kandungan Vitamin A dalam kacang hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.
  • Kolesterol, kandungan kalori yang rendah namun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, jadi sering-seringlah mengkonsumsi kacang hijau secara rutin setiap hari.
  • Penyembuhan luka, Vitamin A dalam kacang hijau sangat membantu untuk proses penyembuhan luka pada kulit serta membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh.
  • Kanker usus, kandungan serat yang cukup tinggi dari kacang hijau sangat baik untuk membersihkan pencernaan dari zat-zat yang beracun sehingga dapat mengurangi terjadinya gangguan di pencernaan seperti kanker usus.
  • Untuk Ibu hamil, untuk wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau karena mengandung Vitamin B1, B2, asam folat, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor dan protein, kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan janin dan ibu hamil.
  • Melancarkan aliran darah, kacang hijau dapat membantu menghilangkan lemak jenuh yang berada di arteri sehingga dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh.
  • Sebagai Antioksidan, membantu mencegah penuaan dini serta mencegah kanker.
  • Meningkatkan sistem syaraf, kandungan B1 dalam kacang hijau dapat membanu meningkatkan kinerja sistem syaraf.
  • Kesehatan tulang dan gigi, kandungan phosphor dan kalsium dalam kacang hijau sangat membantu regenerasi pembentukan tulang dan gigi.
  • Pembentukan sel baru, kandungan protein lengkap dalam kacang hijau sangat bermanfaat membantu pembentukan sel di dalam tubuh seperti otot, otak dan organ tubuh lainnya.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>