IBX582022AF841EE
Published On: Sun, Mar 24th, 2019

Cara Mencuci Mobil Yang Benar Agar Mengkilap

Salah satu keperluan dasar dari mobil adalah perwatan, bukan hanya dari sektor mesin, tapi juga dari sektor Eksterior dan Interiornya bahkan bagian catpun harus dirawat agar mobil bisa awet, salah satu cara merawat mobil adalah dengan cara mencucinya, namun sayang banyak orang yang kurang faham dengan Cara Mencuci Mobil Yang benar

Cara Mencuci Mobil Yang Benar

Sebenarnya cara mencuci mobil tidak diperlukan teknik atau cara khusus, bahkan anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Namun banyak hal yang harus anda perhatikan mengingat hampir sebagian besar komponen mobil terutama pada bagian bodi mobil menggunakan bahan cat yang merupakan bahan kimia yang cukup sensitif sehingga bila anda salah dalam proses mencuci mobil akan mengakibatkan beberapa kerusakan seperti  seperti baret, warna yang memudar dan masih banyak lainnya.

Pada Dasarnya Cara Mencuci Mobil Yang Benar adalah dengan cara mencuci bagian bawah dahulu, baru bagian atas mobil. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak beberapa Tips Cara Mencuci Mobil Yang Benar berikut ini.

  • Bersihkan Dulu Seluruh Area Mobil

Usakan Membersihkan dahulu bagian bawah mobil mulai dari bagian kolong, velg sampai ban hanya menggunakan air tanpa di campuri sampo, ini berguna untuk menghilangkan kotoran atau tanah yang menempel pada bagian bawah mobil.

  • Semprotkan Air Dengan Benar

Ketika menggunakan air bertekanan tinggi, miringkan semprotan air ke arah samping kanan atau kiri. Dan hindari untuk menyemprotkan air secara horizontal (semprotan langsung diarahkan ke depan tanpa dimiringkan). Lebih baik, arahkan dari atas ke bawah. Metode ini dimaksudkan untuk membuat kotoran langsung jatuh.

  • Alat Khusus Mutlak

Serat mikro, sarung tangan untuk mencuci harus digunakan, untuk mengeringkanpun wajib menggunakan handuk berbulu,Tapi, jika di rumah punya kanebo dan spons dengan busa biasa, sebaiknya tinggalkan peralatan tersebut. Karena, penggunaan kanebo dan spons busa biasa kurang efektif.

  • Gunakan Shampo Khusus

Di balik semua produk pembersih mobil, pilih shampo yang mampu menyeimbangkan pH(tingkat keasaman) dari air yang digunakan. Karena, banyak yang kurang tahu berapa banyak zat besi dalam air yang bisa menyebabkan karat di bodi mobil. Dan penggunaan sampo yang tepat bisa menyeimbangkan zat korosif air menjadi pH yang seimbang. Dan yang perlu diperhatikan, ketika ada kotoran atau jamur yang nggak hilang dari bodi mobil setelah menggunakan sampo, jangan buru-buru menggosoknya terlalu keras. Karena, bisa menghilangkan lapisan varnish cat mobil.

  • Perhatikan Pencucian Bagian Mesin

Mesin mobil menjadi komponen yang paling penting dan sensitif pada mobil. Ketika anda akan mencucinya diperlukan kehati-hatian dan cara yang tepat agar tidak merusak mesin mobil, Untuk mencuci bagian mesin ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti :

  • Sebelum mencuci mesin mobil yang perlu anda ingat adalah terdapat beberapa bagian mesin mobil yang tidak boleh terkena air yaitu aki, kabel, dan lain-lainnya. Pastikan bungkus dengan rapi bagian mesin tersebut agar tidak terkena aliran air nantinya. Anda dapat menggunakan kresek atau alumunium foil untuk membungkus bagian elektrik mesin mobil. Selain itu gunakan aliran air yang tidak terlalu kencang pada saat membersihkan bagian mesin mobil
  • Untuk menghilangkan noda minyak seperti tetesan oli yang melekat pada mesin mobil, anda dapat menggunakan sabun colek ataupun minyak tanah untuk membersihkannya.
  • Setelah semua bagian mesin telah bersih, bilas dengan menggunakan air bersih lalu lap hingga kering.

 

  • Lanjut Bagian Dalam Mobil

Pada umumnya pada bagian dalam mobil paling banyak kotoran hasil dari sisa sisa sampah makanan, jejak kaki dan lain-lain. Jadi akan lebih baik menggunakan alat seperti vacum untuk menyedot debu atau sisa makanan atau anda bisa menggunakan lap microfiber. proses membersihkan bagian dalam mobil, sebaiknya biarkan pintu mobil terbuka agar membantu proses pengeringan komponen-komponen dalam mobil

Tips di atas bisa Anda terapkan sehari-hari atau setiap akhir pekan. Anda bisa memanjakan mobil dengan membawanya ke salon mobil sebulan sekali agar mendapat perawatan profesional.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>