3 Tempat Untuk Dapatkan Pinjaman Usaha

Pinjaman Usaha

Untuk memulai usaha, ada banyak hal yang perlu disiapkan mulai dari kesiapan mental, pemilihan usaha yang akan digeluti, tekad untuk berusaha sampai dengan modal usaha. Bagi yang tidak punya modal usaha yang besar solusi terbaik adalah dengan mencari pinjaman usaha.

Pinjaman Usaha

Memang untuk merintis usaha tidak hanya dibutuhkan tekad saja, namun juga persiapan lainnya dan yang terpenting adalah dana. Banyak pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang masih terjegal dalam mendapatkan dana segar untuk perkembangan perusahaannya sendiri.

Di Indonesia sendiri sedang banyak berkembang UMKM yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah. Pemicunya cukup simpel. Karena lapangan pekerjaan sempit, maka para sarjana-sarjana muda atau bahkan masyarakat yang lainnya mengambil alternatif untuk mendirikan suatu usaha.

Sebenarnya, di Indonesia sendiri banyak cara untuk mendapatkan pinjaman dana modal usaha. Namun, sebaiknya sebelum kita mengajukan pinjaman terlebih dahulu mengetahui jenis-jenisnya.

Kredit Usaha Rakyat

Pinjaman modal usaha satu ini lebih sering disebut KUR. KUR merupakan program pemerintah yang kali pertama diluncurkan pada 2007 silam. KUR bertujuan untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah agar mendapatkan akses permodalan dari lembaga keuangan baik swasta maupun pemerintah.

Program ini melibatkan beberapa bank seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Syariah Mandiri hingga Bank Bukopin sebagai penyalurnya. KUR sendiri diberikan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dengan syarat harus memiliki usaha yang sedang berjalan tetapi belum bankable atau belum bisa mengakses perbankan. Dengan demikian KUR hadir untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan permodalan.

Koperasi

Lembaga keuangan non bank satu ini bisa dibilang paling merakyat. Bagaimana tidak, sejak zaman awal kemerdekaan, koperasi menjadi tonggak pembangunan ekonomi bagi bangsa Indonesia. Mohammad Hatta, sang bapak koperasi menekankan bahwa koperasi merupakan salah satu jalan untuk membangun ekonomi Indonesia.

Jenis koperasi yang saat ini paling popular dikalangan masyarakat adalah kosipa alias koperasi simpan pinjam. Koperasi ini banyak dibentuk mulai dari lingkungan sekolah, kampus, hingga masyarakat setempat.

Mendapatkan pinjaman modal usaha di koperasi pun relatif cukup mudah, meringankan bahkan menguntungkan. Kamu bisa mendapatkan bunga yang tidak terlalu membebankan dan tentunya mendapatkan pembagian hasil usaha di setiap akhir tahun.

Peer to peer lending

Buat kamu yang tidak mau ribet mengurus administrasi pinjaman modal usaha ke bank, maka kamu bisa ajukan ke situs peer to peer (P2P) lending . Situs semacam ini belakangan semakin populer dan banyak perusahaan rintisan yang marak mendirikan usaha di bidang tersebut. P2P lending prinsipnya mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman atau investor.

Jadi, investor bakal menerima keuntungan dari bunga si peminjam. Sebagian besar peminjam modal ke P2P lending adalah mereka yang tidak mengajukan pinjaman ke pihak perbankan. Bunga P2P lending ini juga beragam. Sementara plafon pinjamannya bisa mencapai hingga Rp200 juta.

Buat kamu yang tertarik dengan skema pinjaman usaha ini, diimbau untuk lebih hati-hati. Usahakan agar kamu benar-benar mencari tahu lebih dahulu P2P lending mana yang paling kredibel dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tahu sendiri kan saat ini banyak sekali pemberitaan tentang pemberi pinjaman bodong yang merugikan konsumen.

Nah itulah beberapa tempat yang bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Memang untuk memulai sebuah usaha diperlukan modal yang cukup besar, untuk itu perlu pertimbangan yang matang sebelum mengambil sebuah pinjaman.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang memulai usaha. Selamat berjuang.

Leave a Reply