IBX582022AF841EE
Published On: Fri, Sep 6th, 2019

Bingung Memilih Merek Oli Terbaik? Berikut Rekomendasinya

Oli merupakan salah satu bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dengan motor. Keberadaan oli ini ternyata memiliki fungsi yang cukup penting untuk mesin motor. Tanpa adanya oli maka, motor tidak akan bisa bekerja dengan baik. Di pasaran, anda sendiri sudah bisa menemukan berbagai macam merek oli. Tetapi mungkin hanya ada beberapa merek oli yang berkualitas.

Merek Oli

Itulah sebabnya, jika anda hendak mencari oli mesin, anda memang harus selektif dalam memilih oli mesin tersebut. Jika tidak maka ini akan berakibat fatal pada mesin yang anda miliki. Oleh sebab itulah, anda memang dituntut untuk selektif dalam memilih oli mesin.

Fungsi oli mesin

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya memang ada banyak merek oli yang bisa anda temukan di internet. Tapi mungkin hanya ada beberapa merek ternama. Dibalik itu semua, ternyata oli mempunyai beberapa fungsi penting di dalamnya. Dibawah ini beberapa fungsi oli mesin yang perlu anda ketahui.

  1. Mengurangi adanya gesekan

Fungsi pertama yang dimiliki oleh oli adalah digunakan untuk mengurangi adanya gesekan. Seperti yang sudah anda ketahui apabila mesin pada motor memang saling bergesekan. Apabila tidak menggunakan oli, tentu ini akan membuat gesekan yang terjadi akan mempengaruhi fungsi mesin itu sendiri.

Itulah mengapa agar performa mesin motor tetap terjaga maka bisa menggunakan oli. Dengan menggunakan oli inilah maka gesekan yang terjadi pada mesin motor tidak akan menyebabkan adanya mesin cepat aus hingga bisa meminimalisir adanya kotoran yang tersumbat. Itulah mengapa fungsi oli ini sangat penting.

  1. Digunakan sebagai pembersih

Bukan hanya itu saja, oli motor ternyata juga mempunyai fungsi untuk pembersih kotoran yang timbul akibat gesekan yang terjadi antara komponen mesin. Dengan adanya oli inilah tidak hanya berfungsi untuk meminimalisir adanya gesekan tetapi juga akan membawa kotoran agar bisa keluar.

  1. Sebagai pendingin

Merek oli yang berkualitas tinggi tentu bisa menjadi pendingin pada kendaraan bermotor anda. Oli memiliki peran untuk mendinginkan mesin yang panas akibat adanya proses pembakaran selama mesin motor menyala. Bukan hanya itu saja, oli ternyata juga bisa menjadi pendingin pada komponen yang berada didalam mesin.

  1. Sebagai perapat

Bukan hanya itu saja, oli mesin ini ternyata juga mempunyai peran sebagai perapat celah-celah yang terdapat pada piston dan silinder. Oli ini juga mampu mengurangi adanya kebocoran kompresi hingga tekanan hasil dari pembakaran dengan cara membuat lapisan oli mengisi antara celak piston dan silinder.

  1. Sebagai peredam

Getaran yang terjadi pada motor ketika dikemudikan memang bisa menjadi pertanda apabila oli anda butuh diganti. Nah, disinilah fungsi dari oli yang selanjutnya adalah digunakan sebagai peredam getaran ataupun suara bising yang diakibatkan oleh benturan piston. , batang piston hingga poros engkol.

Dengan demikian, maka mesin oli jauh lebih halus dan anda juga akan lebih nyaman ketika membawa motor anda tersebut.

  1. Digunakan sebagai anti karat

Siapa sangka  ternyata fungsi lainnya dari oli adalah digunakan sebagai anti karat. Selain digunakan sebagai pelumas atau untuk melapisi bagian logam, ternyata oli juga  cukup baik digunakan untuk melindungi mesin motor agar tidak terkena kontak langsung dengan air atau udara.

Jika sudah mengetahui apa saja fungsi dari oli motor, maka kami sarankan anda untuk mendapatkan oli motor terbaik dari merek oli ternama yakni mobil.co.id. Ini merupakan merk oli dengan kualitas terbaik.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>