IBX582022AF841EE
Published On: Thu, Dec 12th, 2019

Pentingnya Colocation dalam Penyimpanan Data

Colocation merupakan tempat penyimpanan data yang disediakan oleh perusahaan penyedia pusat data. Tempat ini juga bisa berfungsi sebagai media titip server berbagai macam data center. Infrastruktur dan keamanannya harus memadai dan selalu dalam keadaan prima agar tidak ada yang merusak data-data tersebut.

Collocation Server

 Colocation dan Manfaatnya yang Besar pada Penyimpanan Data

Sebagai gambaran umum, colocation biasanya terdiri dari internet, sistem computing cloud, rack, server dan data center. Fasilitas ini akan mengatur perawatan, penyimpanan dan penggantian server hardware fisik. Sehingga, apabila terjadi kerusakan, perusahaan Anda akan segera menerima laporan untuk kemudian menyusun rencana keuangan untuk menggantinya. Ini juga menjadikan data tetap aman tanpa perlu terjadi down.

  1. Pengeluaran yang Lebih Hemat

Membangun sendiri sistem ini tentunya memerlukan biaya yang besar, akan lebih baik jika Anda melakukan penyewaan dengan biaya yang lebih ringan namun dengan operasionalitas yang sama tujuan dan kegunaannya.

Selain hemat, pemilihan layanan colocation juga lebih efisien karena perusahaan Anda tidak perlu lagi memikirkan pembiayaan untuk merawat dan mengurusi berbagai hardware fisik. Pihak penyedia layanan akan melakukan hal tersebut untuk Anda. Selain hemat biaya, ini juga menghemat kinerja waktu perusahaan.

  1. Berada di Lokasi yang Aman

Umumnya, lokasi layanan ini cukup aman dari bencana alam atau potensi kerusakan lain. Sehingga, jika perusahaan Anda berada dalam radius yang sering terkena bencana alam atau terjadi sesuatu yang mengakibatkan perusahaan Anda rusak parah, seluruh data perusahaan tetap aman dan masih dapat diakses.

Secara internal pun, ruangan tempat ini juga aman. Karena menggunakan mesin-mesin yang seringkali berada dalam kondisi hidup terus-menerus, panas mesin berada dalam suhu yang tinggi. Akan disediakan pendingin ruangan yang kompatibel, genset daya untuk kebutuhan darurat, panel listrik dan masih banyak lagi.

  1. Ditangani oleh Staf yang Ahli

Memberikan layanan terbaik, colocation dan data center memiliki banyak staf yang ahli dan memahami dengan baik beban kerja masing-masing. Mereka handal dalam serta tahu bagaimana sistem keamanan yang ketat, konfigurasi perangkat jaringan serta kemungkinan kerusakan hardware.

Ini akan menguntungkan Anda, data-data perusahaan berada dalam tangan para ahli yang tidak perlu lagi ditanyakan sertifikasi keahliannya. Selain itu, dengan berkembangnya persaingan bisnis, kebutuhan perusahaan akan data masing-masing menjadi prioritas utama.

  1. Keamanan Tinggi

Dengan staf yang ahli, Anda tak perlu khawatir dengan data perusahaan. Penyedia layanan ini selalu memberikan perhatian yang lebih pada bagian penyimpanan dan keamanan data. Secara fisik, data Anda berada dalam lokasi yang aman untuk mengalami kerusakan. Sedangkan secara virtual, data Anda juga aman karena berada dalam pengawasan yang ketat terhadap pencurian dan penyadapan.

Layanannya juga bisa diakses selam 24 jam secara penuh, memiliki sistem serta teknologi berstruktur, sehingga jika ada permasalahan dapat diketahui lebih cepat untuk ditanggulangi. Sistem jaringan, firewall dan anti-virus juga termasuk dalam bagian keamanan sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan keadaan data perusahaan.

Jika Anda berminat untuk menggunakan layanan ini, Anda bisa menggunakan Nex Data Center sebagai pilihan. Dalam websitenya di nexdatacenter.com/id terdapat beragam fasilitas dan penawaran yang disediakan.

Dalam paketnya, Anda bisa memilih half/full rak sesuai kebutuhan perusahaan. Rak-rak tersebut memiliki cangkang yang aman. Area disekitarnya dipartisi, berdaya tahan tangguh dan memiliki suplai tenaga yang uptime. Colocation milik Nex dilengkapi peralatan tambahan lain seperti pendingin suhu, perlindungan kebakaran namun tetap hemat energi.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>