IBX582022AF841EE
Published On: Wed, Dec 18th, 2019

Yuk Mengenal Tabungan Haji

Pasti kalian sering mendengar atau malah telah sering ditawari tabungan haji terbaik. Tabungan Haji memang popular di Indonesia karena banyaknya minat orang Indonesia untuk menunaikan Ibadah Haji ketanah suci setiap tahunnya. Karena tingginya minat itulah, sekarang ini banyak pilihan tabungan haji yang semuanya menambahkan embel-embel mudah dan terbaik.

Karena banyaknya pilihan, pastinya mereka akan memilih tabungan haji yang paling bagus.  Tujuan tabungan haji ditentukan pihak bank, yaitu membiayai keberangkatan calon haji. Kemudian manfaat yang ditawarkan juga berbeda.

Tabungan Haji

Dengan menjadi nasabah tabungan haji, kita diwajibkan rutin menabung sejumlah dana tertentu tiap bulan. Setelah sampai jangka waktu yang telah ditentukan, dana itu bisa digunakan sebagai ongkos naik haji (ONH).

Bagi yang belum familiar, Tabungan Haji adalah tabungan yang sangat direkomendasikan bagi nasabah yang berencana naik haji untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci. Tabungan Haji tidak diberikan bunga dari bank, maupun potongan biaya administrasi bank, dan biaya pembukaan rekening, kecuali biaya penutupan rekening atas permintaan penabung atau penabung menyatakan dirinya batal naik haji (kalau ada). Penabung tetap mendapatkan buku tabungan sebagai bukti mutasi rekening.

Di Indonesia, tidak semua bank memiliki produk tabungan haji. Yang sudah pasti memiliki produk ini tentu saja bank syariah. Di antara banyaknya tabungan haji itu, masing-masing menawarkan manfaat sendiri-sendiri. Nah, mana manfaatnya yang paling bagus, tentu saja yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Jika saldo tabungan sudah mencapai jumlah tertentu atau sesuai dengan ketentuan pemerintah mengenai biaya minimal pendaftaran haji melalui SISKOHAT, maka nasabah bisa langsung mendaftarkan diri untuk berangkat haji di kantor Kementerian Agama setempat untuk mendapatkan nomor antrian. Sambil menunggu waktu keberangkatan haji, nasabah bisa melanjutkan setoran tabungan hajinya. Nasabah harus memastikan biaya haji tersebut lunas sebelum batas yang ditentukan oleh Kementerian Agama agar dapat berangkat haji.

Secara umum seluruh produk Tabungan Haji yang beredar di pasaran memiliki fitur dan memberikan manfaat yang tidak saling berbeda. Fitur dan manfaat dari memiliki Tabungan Haji yaitu :

  • Membantu meringankan persiapan dana untuk menunaikan ibadah haji
  • Membantu perencanaan dana kebutuhan ibadah haji
  • Mendapatkan souvenir haji

Setiap jumlah simpanan dalam rekening Tabungan Haji akan dilindungi oleh pihak bank bersangkutan bersama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga produk Tabungan Haji termasuk salah satu produk keuangan yang bebas resiko.

Sesuai aturan Departemen Agama, syarat pendaftaran haji adalah memiliki dana tabungan minimal sebesar Rp 25 juta. Dengan begitu, saat dana tabungan sudah mencapai Rp 25 juta, bank akan menginformasikan kepada nasabah untuk mendaftarkan diri ke Departemen Agama setempat untuk mendapatkan nomor antrean atau porsi keberangkatan haji.

Tak hanya itu, tabungan haji juga punya lima keunggulan lain yang tak kalah menguntungkan. Berikut ini di antaranya:

  • Bebas biaya administrasi

Hampir semua tabungan haji di Indonesia gratis biaya administrasi bulanan alias bebas potongan.

  • Bebas riba

Prosedur dan pelaksanaan tabungan haji dilakukan berdasarkan syariat Islam. Oleh sebab itu, tabungan haji tidak menggunakan skema bunga tabungan, jadi tak perlu khawatir terjerat riba.

  • Gratis biaya pembukaan rekening

Kamu juga tidak akan dikenakan biaya saat membuka rekening tabungan haji. Cukup siapkan setoran awal saja.

  • Setoran tabungan cukup ringan

Setoran tabungan haji beragam untuk tiap bank. Namun, tak sedikit bank yang menawarkan setoran awal cukup terjangkau, bahkan mulai dari Rp 5 ribu. Dan yang paling penting adalah

  • Gratis perlindungan asuransi

Perlindungan asuransi sangat diperlukan jemaah haji mengingat tingginya risiko perjalanan ibadah di Tanah Suci. Asuransi haji ditetapkan sesuai syariat Islam, sehingga tak perlu cemas melanggar ajaran agama.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>