IBX582022AF841EE
Published On: Fri, Dec 27th, 2019

SDM Unggul Jadi Syarat Pengembangan Industri Kreatif, ini Upaya Kadin

Industri Kreatif

Foto: marketing.co.id

Industri kreatif menjadi salah satu sektor pengembangan ekonomi yang sangat menjanjikan di era revolusi industri 4.0. Kadin menilai untuk dapat mengembangkan industri kreatif dengan baik, SDM unggul jadi syarat mutlak sekaligus tulang punggung bagi industri tersebut.

Indonesia dengan keragaman budaya, kekayaan alam dan sumber daya manusia yang cukup besar memiliki potensi yang menjanjikan pada sektor industri kreatif. Namun, apakah SDM yang ada siap tampil sebagai SDM yang kompetitif dan produktif? Inilah yang jadi tantangan bagi Indonesia di masa akan datang.

 

SDM Unggul Ekonomi Kreatif, Begini Cara Membangunnya

Kebijakan dan program-program Kadin saat ini berupaya mendukung program pengembangan SDM unggul Indonesia yang dicanangkan pemerintah. Khusus untuk industri kreatif sendiri diperlukan pengembangan yang bervariatif sesuai dengan kebutuhan sub sektor industrinya.

Beberapa strategi dalam mengembangkan SDM unggul untuk industri kreatif di antaranya:

1. Vokasi SDM

Penjurusan di bidang pendidikan cukup penting untuk memunculkan SDM yang ahli dan lebih terampil di bidangnya, termasuk di sektor ekonomi kreatif. Apa yang menjadi potensi di suatu daerah bisa dijadikan sarana vokasi di bidang pendidikan di daerah terkait.

Misalnya pembangunan sekolah dan lembaga pendidikan khusus sesuai potensi industri kreatif di daerah tersebut. Selain itu pemagangan di perusahaan juga penting. Hal ini akan menjadi upaya penyesuaian penyiapan SDM dengan kebutuhan nyata di lapangan.

2. Sertifikasi Kompetensi

Sertifikat keahlian menjadi hal penting jika kita berbicara SDM unggul di bidang industri kreatif. Organisasi ini sangat mendorong pelaksanaan sertifikasi ini.

Beberapa subsektor industri ini membutuhkan bukti nyata keahlian khusus yang telah dikuasai. Melalui sertifikat kompetensi akan dapat dilihat dan diukur sejauh mana daya saing yang dimiliki SDM yang ada.

3. Kolaborasi

Salah satu kecakapan Abad 21 yang dibutuhkan untuk membangun SDM unggul Indonesia adalah kemampuan kolaborasi. Membangun kolaborasi secara individu maupun industri dibutuhkan untuk sebuah kualitas yang lebih baik.

Melatih SDM terampil dengan kemampuan kolaborasi yang baik menjadi langkah yang penting diperhatikan. Sudah tidak zamannya lagi kamu bermain sendiri dengan potensi yang dimiliki. Kolaborasi akan membuat capaian kerja dan usaha lebih maksimal, termasuk potensi keahlian yang kamu miliki.

Kadin Indonesia sendiri melakukan cukup banyak kolaborasi dengan pihak-pihak terkait baik dalam program peningkatan SDM atau pada program-program internal yang dibuat.

4. Penguasaan Teknologi

SDM unggul untuk industri kreatif juga sangat membutuhkan penguasaan teknologi. Apapun sektor industri yang digeluti di era 4.0 saat ini membutuhkan penguasaan teknologi yang baik. Terlebih lagi untuk industri kreatif. Peran Kadin dalam peningkatan kompetensi teknologi SDM unggul sudah cukup jelas.

Baik di tingkat kepengurusan pusat maupun daerah, organisasi ini memiliki fokus pengembangan SDM unggul untuk penguasaan teknologi. Pelatihan-pelatihan teknis, workshop, seminar, diskusi, hingga pemagangan dilakukan untuk mendukung percepatan pengembangan SDM unggul Indonesia.

Tantangan ekonomi Indonesia ke depan semakin sulit. Oleh karena itu, kesadaran untuk memiliki SDM unggul ini sebaiknya tidak hanya pada tataran pembuat kebijakan saja. Tetapi masyarakat juga sangat penting menyadari akan hal ini. Pelatihan peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi hal utama yang perlu diprioritaskan.

Pemerintah perlu menggandeng semua kalangan, para pelaku industri kreatif hingga masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran ini. Termasuk mungkin kamu yang hanya menjadi penikmat industri ini, perlu mengambil peran dan peluang yang ada.

Kadin sendiri terus berupaya meningkatkan pembangunan SDM unggul untuk para anggotanya. Industri kreatif dengan prospek keuntungan yang besar menjadi salah satu industri yang menjanjikan untuk dikelola. Persiapkan SDM lebih dulu jika kamu tertarik melakoninya.

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>