IBX582022AF841EE
Published On: Mon, Sep 14th, 2020

Stres Ditempat Kerja? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya!

Sumber: pinterest.com

Pekerjaan yang menumpuk, tekanan kerja dan jenuh terhadap rutinitas kerja yang itu-itu saja, kerap menjadi faktor stres di tempat kerja. Belum lagi, masalah keluarga yang suka terbawa-bawa ke tempat kerja menjadi penambah faktor stres yang kamu rasakan. Jika rasa stres ini tidak diatasi dengan cepat, bukan tidak mungkin stres yang kamu alami semakin besar, hingga membuat performa kerja jadi menurun akibat tekanan pekerjaan yang bikin stres meningkat. Gak mau kan mengalami hal ini? Oleh karena itu, segeralah atasi stres tersebut agar kinerja kamu jadi lebih bagus dan semangat buat melakukan pekerjaan. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi stres di tempat kerja. Yuk, terapkan!

 

  1. Lakukan Peregangan

Peregangan

Sumber: pinterest.com

Melakukan peregangan tubuh saat bekerja akan membuat peredaran darah pada tubuh dan otak jadi lebih lancar. Lakukanlah sedikit olahraga saat pikiran dan tubuh terasa lelah dengan pekerjaan. Kamu bisa melakukan peregangan tubuh dan olahraga ringan di tempat kerja, seperti menaiki tangga atau jalan-jalan di area kantor sejenak. Selain merilekskan pikiran dan tubuh, cara ini juga bisa menurunkan tingkat rasa stres terhadap pekerjaan.

  1. Tarik Nafas Panjang

Tarik Nafas

Sumber: pinterest.com

 

Hal yang bisa kamu lakukan saat stres di tempat kerja adalah dengan menarik nafas dalam-dalam. Saat sedang stres tubuh cenderung bernafas dengan cepat dari biasanya. Jadi, cobalah lakukan cara ini agar tubuh terasa lebih rileks dan mengatasi stres yang kamu alami. Lakukan metode ini berulang kali

  1. Mendengarkan Musik

Mendengar Musik

Sumber: pinterest.com

 

Selain merilekskan tubuh dan pikiran, mendengarkan musik nyatanya juga bisa membantu mengurangi stres, lho. Mendengarkan musik akan membuat mood kamu jadi lebih baik lagi dan meningkatkan semangat kamu untuk menjalani hari. Tak hanya itu, mendengarkan musik juga dapat memberikan ide-ide menarik buat menyelesaikan pekerjaan kantor. So, saat lagi penat dengan pekerjaan, kamu bisa mengambil waktu sejenak buat mendengarkan musik favorit kamu. Dengarkan selama 15-50 menit agar konsentrasi kamu meningkat.

  1. Hindari Menunda-Nunda Pekerjaan

Menunda Kerja

Sumber: pinterest.com

 

Menunda-nunda pekerjaan menjadi salah satu faktor stres di tempat kerja. Karena, semakin seringnya menunda pekerjaan, maka bakal semakin menumpuk pula pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Oleh karena itu, segeralah kerjakan tugas kamu, kalau bisa buat list prioritas pekerjaan. Sehingga akan membuat kamu bekerja dengan disiplin dan efektif. Pekerjaan yang cepat selesai akan membuat pikiran jadi lebih nyaman sebab tidak terbebani dengan pekerjaan yang banyak.

  1. Ciptakan Tempat Kerja yang Nyaman

Tempat Kerja

Sumber: pinterest.com

 

Suasana tempat kerja yang gak nyaman seperti meja kantor yang tampak berantakan, tempat kerja yang bau dan panas bisa menjadi beban stres ketika bekerja, hingga akhirnya menimbulkan stres di tempat kerja. Untuk itu, ciptakanlah tempat kerja yang nyaman supaya kamu gak mudah stres dan bosan. Misalnya dengan rutin merapikan dokumen-dokumen yang menumpuk di meja kantor agar lebih enak dipandang.

  1. Berikan Motivasi pada Diri Sendiri

Motivasi

Sumber: slideserve.com

Cobalah motivasi diri sendiri untuk meningkatkan kembali mood saat bekerja. Pikirkan kembali apa yang menjadi motivasi pertama bekerja dulu. Baik itu rencana buat masa depan seperti membangun usaha yang kamu idamkan, melanjutkan pendidikan, atau menabung buat biaya pernikahan. Ingatlah segala harapan-harapan yang membuat kamu semangat bekerja saat stres menghampiri.

Itulah cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi stres di tempat kerja. Semoga bermanfaat, ya!

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>