February 28, 2021
Mengenal Ciri-ciri Gadai BPKB Motor Tanpa Motor Ditahan Illegal

Mengenal Ciri-ciri Gadai BPKB Motor Tanpa Motor Ditahan Illegal

Gadai BPKB

Ketika akan mengambil pinjaman pastikan untuk memilih tempat yang aman dan menguntungkan. Begitu juga bagi Anda yang akan mengambil pinjaman dengan menggunakan surat kendaraan motor yang dimiliki. Anda bisa memilih untuk mengambil tempat gadai BPKB motor tanpa motor ditahan sehingga akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain pertimbangan tersebut, tentunya juga perlu untuk mendapatkan tempat yang aman. Oleh karena itulah, agar bisa mendapatkan tempat yang aman maka bisa untuk mengenali beberapa ciri-cari dari tempat gadai illegal. Sehingga dengan mengenali hal tersebut akan dapat dihindari agar tidak tertipu. Adapun untuk beberapa ciri dari tempat gadai illegal adalah sebagai berikut ini:

  • Tidak mempunyai kantor sendiri

Tips pertama yang dapat mudah dikenali adalah tidak mempunyai kantor sendiri. Suatu usaha walaupun mempunyai sistem yang dilakukan secara online akan mempunyai kantor sendiri. Sehingga hal tersebut tetap akan mendapatkan atau memaparkan alamatnya di situs atau aplikasi. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk mendapatkan tempat gadai yang tepat dan aman. Oleh karena itulah pastikan untuk memilih tempat gadai yang mempunyai kantor sendiri. Sedangkan ketika memilih tempat gadai secara langsung bisa untuk datang ke tempat gadai untuk melakukan transaksi yang dibutuhkan.

  • Tidak mempunyai cara menafsirkan barang gadai

Ciri selanjutnya yang dapat dikenali adalah tidak mempunyai cara untuk menafsirkan barang gadai. Sehingga hal tersebut akan membuat Anda mendapatkan pinjaman yang mempunyai jumlah yang dibutuhkan tetapi tidak sesuai dengan nilai jaminan yang dipunyai. Padahal apabila tempat yang aman tentunya akan sangat penting untuk memberikan jumlah pinjaman yang sesuai dengan nilai jaminan. Dimana tidak akan memberikan pinjaman lebih dari nilai jaminan dan juga memberikan paling banyak adalah 80 hingga 90 persen dari nilai jaminan tersebut. Biasanya juga akan dilakukan survei terlebih dahulu untuk menentukan nilai jaminan yang dipunyai. Sehingga apabila tidak ada langkah tepat untuk menafsirkan nilai barang tersebut, maka sebaiknya hindari untuk mengambil gadai di tempat tersebut.

  • Mempunyai suku bunga tinggi

Tips selanjutnya untuk mengenali ciri tempat gadai yang abal-abal atau illegal adalah dengan mempunyai suku bunga tinggi. Anda bisa untuk memperhatikan besaran suku bunga yang ditawarkan oleh tempat pinjaman. Hindari untuk mengambil pinjaman yang mempunyai penawaran suku bunga sangat tinggi dan tidak masuk akal. Hal tersebut mempunyai tujuan untuk memberatkan nasabah untuk melakukan pembayaran. Sehingga akan memberatkan untuk membayar pinjaman yang telah diberikan. Oleh karena itulah untuk keamanan pastikan untuk memilih tempat gadai yang menawarkan suku bunga masuk akal.

  • Tidak ada transparansi biaya

Hal selanjutnya yang menjadi ciri dari tempat yang tidak aman untuk dipilih ketika mengambil gadai adalah dari transparansi yang dipunyai. Hindari untuk memilih tempat yang tidak mempunyai transparansi biaya dan aturan yang jelas. Sehingga akan membuat Anda rugi karena tidak mengetahui dengan pasti mengenai aturan yang dipunyai oleh tempat gadai tersebut.

  • Tidak memberikan asuransi

Tips terakhir untuk mengetahui ciri dari tempat gadai BPKB motor tanpa motor ditahan yang tidak aman adalah yang tidak memberikan asuransi. Pastikan untuk memilih tempat yang aman dengan asuransi. Sehingga hal tersebut akan membuat Anda merasa lebih tenang dan juga terlindungi. Tempat gadai yang tidak aman selain tidak mempunyai asuransi juga tidak mempunyai ijin dari OJK. Sehingga pastikan untuk menghindari tempat yang tidak aman tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *