February 28, 2021
Kalkulator BMI

Kalkulator BMI

Kalkulator BMI

Penggunaan kalkulator BMI masih banyak belum diketahui oleh masyarakat luas. Padahal kalkulator yang satu ini bukan hanya sekedar perhitungan biasa. Tetapi ada banyak informasi penting yang bisa diperoleh dari hal tersebut. Oleh karena itu menghitung BMI sering kali disarankan kepada setiap orang. Terutama yang masih dalam program penurunan maupun meningkatkan berat badan. Bagi yang ingin tahu bagaimana cara memakainya sekaligus melihat manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari hal tersebut, berikut ini beberapa informasi menarik tentang kalkulator BMI.

Cara Penggunaan Kalkulator BMI

Untuk menggunakan kalkulator BMI sebenarnya sangat mudah. Apalagi saat ini sudah banyak fitur gratis yang tersedia di dunia maya. Salah satunya yaitu fitur yang diberikan oleh Klikdokter.com. Untuk menggunakan fitur ini juga tidak sulit. Cukup masukkan saja nama serta beberapa data yang diminta dalam kolom. Kemudian yang paling penting memasukkan nilai aktual dari berat badan dan tinggi badan kalian. Karena pada dasarnya kalkulator ini menghitung berdasarkan perbandingan berat dan tinggi badan seseorang. Oleh sebab itu data ini tidak boleh salah ataupun dimanipulasi.

Setelah mengisi data secara lengkap, cukup tekan tombol perhitungan lalu nantinya kalian akan diberikan informasi tentang nilai indeks sesuai data yang diberikan. Dari sini maka akan terdapat informasi juga apakah nilai indeks kalian kurang, normal, atau bahkan lebih. Sehingga dengan demikian akan lebih mudah untuk mengetahui bagaimana kondisi tubuh kalian saat itu.

Manfaat Kalkulator BMI

Menggunakan kalkulator BMI ini dapat memberikan berbagai macam manfaat. Beberapa di antara manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Memantau Berat Badan

Nilai indeks yang dipantau secara berkala merupakan salah satu sarana paling baik untuk memantau sejauh mana perkembangan berat badan seseorang. Bila makin meningkat dari waktu ke waktu, artinya berat badan mengalami kenaikan secara berkala. Disini otomatis seseorang bisa merencanakan pola makan dan aktivitas yang sesuai supaya dapat terus berada di angka indeks yang normal.

  • Menjaga Pola Makan

Menjaga nilai indeks BMI secara langsung artinya menjaga pola makan seseorang. Terlalu kurus tentu kurang baik, demikian juga bila indeks terlalu tinggi atau gemuk. Bagi yang sedang dalam program untuk meningkatkan berat badan ataupun mengurangi berat badan, tentu ini merupakan alat bantu yang tepat untuk melakukan pemantauan secara berkala. Sehingga dalam mengatur pola makan dapat disesuaikan dengan indeks yang telah diketahui.

  • Menghindari Obesitas

Melalui pemantauan nilai indeks secara berkala tersebut, maka secara tidak langsung ada sistem yang membantu memperingatkan seseorang jika tubuhnya hendak mengalami obesitas. Otomatis di sini saat melakukan penilaian maka membantu menyusun pola makan yang tepat supaya tidak mengalami obesitas.

  • Menghindari Resiko Penyakit Berbahaya

Obesitas umumnya memicu pada sederetan penyakit berbahaya. Sebut saja resiko penyakit stroke, penyakit jantung, atau bahkan diabetes. Melalui nilai BMI maka seseorang bisa memahami kondisi tubuhnya serta menghindari resiko penyakit-penyakit tersebut. Karena bagi yang mengalami obesitas tentu secara tidak langsung segera melakukan tindakan untuk menormalkan nilai indeks BMInya.

Ternyata menggunakan kalkulator BMI sangat mudah dan bisa memberikan banyak manfaat. Oleh sebab itu jangan ragu untuk menggunakan fitur tersebut untuk memantau perkembangan berat badan tubuh kalian. Sehingga nantinya kalian bisa terus mempertahankan berat badan ideal sekaligus menjaga kesehatan tubuh supaya tetap prima. Apalagi di masa pandemi seperti ini, tentu kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga. Salam sehat selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *