February 28, 2021
5 Tips Penting saat Bepergian Jauh Naik Mobil di Masa Pandemi

5 Tips Penting saat Bepergian Jauh Naik Mobil di Masa Pandemi

Ketika harus bepergian jauh pada masa pandemi, Anda tentu perlu memerhatikan beberapa hal demi menjaga keamanan dan keselamatan selama di perjalanan. Sekalipun Anda bepergian menggunakan mobil pribadi, bukan berarti bisa bebas mengabaikan aspek kesehatan dan keamanan. Berikut merupakan beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika bepergian jauh dan untuk perlindungan ekstra selama di perjalanan, asuransi mudik aman bisa jadi solusi yang andal.

  • Pakai dan bawa perlengkapan kesehatan

Di samping menyiapkan perlengkapan kebutuhan pribadi, pastikan Anda juga membawa perlengkapan kesehatan seperti masker, hand sanitizer, tisu kering dan tisu basah, sarung tangan sekali pakai, dan face shield, ya! Untuk masker dan hand sanitizer, pastikan masing-masing orang membawanya, terutama saat keluar mobil. Dan, lebih bagus lagi jika Anda juga mengenakan face shield setiap kali keluar mobil.

  • Berhati-hati saat menggunakan toilet umum

Toilet umum seringkali digunakan pada saat melakukan perjalanan jauh. Untuk itu, ketika menggunakannya, Anda perlu berhati-hati karena sekalipun toilet umum tersebut bersih, tapi tidak selalu menjamin benar-benar bebas dari mikroorganisme seperti virus. Tetap kenakan masker di dalam dan pastikan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah menggunakan toilet tersebut. Hindari menghabiskan waktu terlalu lama di dalam toilet untuk mengurangi risiko penularan.

  • Pilih opsi pembayaran cashless

Ketika Anda sedang mengisi BBM, membeli camilan di swalayan, ataupun membeli makan di restoran, maka sebaiknya menggunakan metode pembayaran cashless. Misalnya saja dengan kartu debit, kartu kredit, atau saldo e-wallet guna mencegah risiko penularan virus dari uang. Tapi, jika Anda terpaksa harus membayar dengan uang tunai, segera bersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer.

  • Lebih baik bawa bekal makanan

Di tengah perjalanan, lumrah jika Anda merasa lapar. Daripada jajan di luar, lebih aman jika Anda membawa bekal sendiri dari rumah. Apabila Anda terpaksa harus makan di luar, ada baiknya Anda memesan makanan untuk takeaway, lalu nikmati makanan tersebut di dalam mobil saja bukan makan di tempat.

  • Sesekali buka kaca mobil

Untuk menjaga sirkulasi udara agar tetap mengalir, Anda sangat dianjurkan untuk membuka kaca mobil. Tapi, tentunya lakukan hal ini ketika Anda sedang berkendara melewati jalanan yang sepi di tengah lingkungan yang asri, ya. Dengan begitu, udara kotor, debu, dan polusi jelas tidak akan masuk ke dalam kabin mobil Anda.

Itulah tips penting yang perlu Anda terapkan saat melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil di masa pandemi seperti sekarang. Jangan lupa diterapkan agar perjalanan Anda nyaman, tenang, aman, dan sehat, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *