February 28, 2021
Tips Membuat Nasi Box Ala Bento Enak, Menarik, Dan Tahan Lama

Tips Membuat Nasi Box Ala Bento Enak, Menarik, Dan Tahan Lama

Kini nasi kotak terus disajikan dalam bentuk yang berbeda. Jika sebelunya nasi kotak itu terbuat dari kardus atau styrofoam yang berisikan nasi lengkap dengan lauk pauk didalamnya. Tetapi kini seiring dengan berjalannya waktu, nasi kotak berubah menjadi beberapa varian. Nasi kotak yang menggunakan kardus atau styrofoam memang sudah sangat ketinggalan zaman. Hal tersebut dikarenakan banyaknya inovasi yang kreatif serta ide terbaru dalam menyajikan nasi box varian, seperti salah satunya nasi box varian bento.

Tentunya kamu pernah mendengar kan kata bento ini? Bento adalah makanan dari Jepang yang biasanya berisi nasi, daging, hiasan telur, dan sayuran. Jika kamu ingin membuat nasi box ala bento sendiri di rumah, maka berikut dibawah ini tips mudah membuatnya :

  1. Menggunakan Minyak Sayur

Kamu tahu tidak? Kalau minyak sayur atau yang lebih dikenal dengan minyak wijen ini bisa membuat nasi box ala bento buatanmu menjadi lembut saat dimakan. Selain minyak sayur, kamu juga bisa menggunakan sedikit mentega supaya memberikan rasa pada nasi box ala bento tersebut.

  • Memakai Bumbu Yang Pas

Bento adalah bekal yang biasanya akan dimakan untuk beberapa jam kedepan dan dimakan dalam keadaan dingin, oleh karena itu kamu harus tetap menjaga rasa dari bento ini. Pasalnya makanan kalau sudah dingin akan terasa menurun rasanya. Sangat penting untukmu menambahkan bumbu yang bisa membuat bento terasa lebih enak. Kamu bisa memanfaatkan garam yang bisa menambah rasa gurih pada bento buatanmu.

  • Masak Lauk Bento Dengan Matang

Jika kamu memakai lauk seperti sayuran, telur, ataupun daging. Pastikan lauk lauk tersebut dimasak hingga matang. Pasalnya para ahli gizi menganjurkan untuk tidak memasak daging atau telur setengah matang. Jadi meski memasak daging diperlukan waktu yang cukup lama, keamanan bagi tubuhmu lebih penting supaya terhindar dari penyebab keracunan makanan.

  • Memberikan Sentuhan Warna Pada Bento

Membuat bento semenarik mungkin untuk menarik selera makan, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan bahan makanan yang memiliki warna warni menarik. Warna putih bisa didapatkan dari nasi. Warna hitam atau cokelat bisa didapatkan dari daging, bumbu, saus, atau rumput laut. Warna merah dan orange bisa didapatkan dari berbagai sayuran seperti wortel, tomat, dan cabai. Warna hijau bisa didapatkan dari brokoli, bayam, dan sawi. Dan terakhir untuk warna kuning bisa didapatkan dari jagung, paprika kuning, telur dadar, ataupun labu kuning.

  • Menyusun Urutan Bento Sangat Penting

Tentunya di urutan pertama adalah nasi, lalu urutan kedua kamu bisa menaruh lauk sayuran, dan urutan terakhir atau ketiga bisa tarus lauk seperti daging, telur, atau seasoning terakhir seperti wijen atau rumput laut.

  • Cara Mencegah Supaya Makanan Tidak Basi

Supaya makanan tidak cepat basi, kamu bisa menauh acar. Atau cara lainnya adalah dengan mengelap wadah tempat bento kamu dengan asam cuka, sebelum digunakan untuk menaruh berbagai isi dari bento. Atau kamu juga bisa menaruh nasi box bento di ice pack supaya tetap terjaganya makanan tersebut dalam keadaan suhu dingin dalam beberapa saat.

Bagaimana membuat nasi box ala Bento enak, menarik, dan tahan lama itu mudah kan? Kamu pasti bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain itu juga bahan bahan yang dibutuhkannya murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *