April 22, 2021
Gejala Osteoporosis Yang Harus Anda Waspadai Sejak Dini : Info SehatQ.com

Gejala Osteoporosis Yang Harus Anda Waspadai Sejak Dini : Info SehatQ.com

Kondisi berkurangnya kepadatan tulang berlangsung tidak signifikan dan terkadang tidak menunjukkan ciri fisik tertentu. Penyakit akibat Osteoporosis atau  pengeroposan pada tulang ini biasanya baru mulai dideteksi ketika orang mengalami cedera yang menyebabkan patah tulang. Maka dari itu, penting untuk Anda memperhatikan ciri tulang keropos agar lebih waspada!

Gejala Tulang Anda Mulai Keropos

1. Sering Sakit Punggung Tanpa Sebab

Gejala sakit punggung ini muncul secara tiba-tiba dan terasa sakit, serta tanpa sebab yang jelas. Pasien yang mengalami masalah dalam pengeroposan tulang sering merasakan sakit punggung secara mendadak, dan bisa menyebabkan pasien tidak bisa bergerak. Patah tulang belakang bisa terjadi mendadak akibat hal sepele seperti membungkuk.

Sakit punggung yang terjadi akibat pengeroposan pada tulang ini menyebabkan pasien tidak bisa bergerak karena rasa sakit yang ia derita. Jika Anda merasakan gejala osteoporosis, penting untuk Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut kondisi kesehatan pada dokter, dan cobalah untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan kondisi tulang Anda.

2. Bentuk Tubuh Yang Bungkuk

Tubuh dengan postur yang semakin lama semakin membungkuk, bisa menjadi salah stau gejala yang diperhatikan akibat tulang yang mulai alami pengeroposan tulang. Kondisi postur tubuh yang bungkuk terjadi lantaran patah tulang di area belakang. Tulang belakang yang patah, akan membuat punggung Anda cenderung melengkung. Kebanyakan, hal ini terjadi tanpa disadari.

3. Menyusutnya Tinggi Badan

Ternyata, tinggi badan juga bisa menyusut lantaran pengeroposan tulang ini, hal tersebut terjadi karena tulang belakang Anda melemah dan mudah patah, proses menyusutnya tinggi badan Anda yang disebabkan oleh osteoporosis akan terjadi lebih cepat. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan terkait tulang Anda.

Gejala penurunan tinggi badan, bisa terjadi meskipun tubuh Anda tidak membungkuk. Apabila Anda mengalami penurunan tinggi badan lebih dari 3 cm, bisa dipastikan bahwa Anda terkena pengeroposan tulang. Kondisi pengeroposan tulang ini apabila tidak segera ditangani dengan baik, mungkin akan menyebabkan kesehatan tulang Anda kian memburuk.

4. Rentan Alami Patah Tulang

Seperti yang sudah dipaparkan tadi ciri atau gejala dari penyakit pengeroposan tulang adalah tulang akan rawan sekali patah akibat dari suatu hal yang bisa dibilang sepele. Apabila Anda berusia 50 tahun ke atas, dan mengalami patah tulang yang disebabkan oleh aktivitas ringan, hal tersebut bisa menjadi pertanda tulang Anda telah keropos.

Ada beberapa area tulang yang rentan sekali patah yaitu area tulang belakang, tulang pinggul dan pergelangan tangan. Saat terkena pengeroposan tulang, patah tulang belakang cenderung yang paling sering terjadi. Patah tulang belakang menyebabkan kifosis atau yang biasa kita kenal dengan postur tubuh membungkuk.

Untuk patah tulang pinggul, menyebabkan pasien harus menjalani rawat inap. Penyembuhan pasien patah tulang pinggul juga relatif lama, hal tersebut menyebabkan pasien sulit atau tidak bisa bergerak kembali. Patah tulang pinggul kemungkinan bisa terjadi lagi dikemudian hari, meskipun sudah dilakukan perawatan yang intensif.

Patah pergelangan tangan, terjadi ketika pasien habis alami kejadian terjatuh. Patah pada pergelangan tangan, menyebabkan sulit menggerakkan tangan. Dilansir dari direktori Info Penyakit SehatQ.com, ketiga area patah tulang tadi harus dilakukan penanganan yang serius. Periksa penanganan penyakit ini lebih lanjut, karena berpotensi akibat dari pengeroposan tulang.

Itu tadi beberapa gejala seputar pengeroposan pada tulang akibat usia senja. Rutin melakukan check-up, kebiasaan sehat berolahraga dan mengkonsumsi makanan penguat tulang bisa menjadi langkah awal untuk mecegah hal-hal patah tulang yang disebabkan oleh pengeroposan tulang. Periksa sejak dini kesehatan tulang Anda, agar tidak memburuk dikemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *