April 20, 2021
Riders Sebagai Manfaat Tambahan, Sepenting Apa Fungsinya untuk Asuransi Pokok?

Riders Sebagai Manfaat Tambahan, Sepenting Apa Fungsinya untuk Asuransi Pokok?

Ketika hendak membeli asuransi komprehensif, calon nasabah biasanya dianjurkan untuk memperhatikan layanan, manfaat, hingga risiko yang ditanggung. Sayangnya, masih ada orang-orang yang kurang memperhatikan tersebut dan merepotkan pihak lain di kemudian hari. Apalagi kalau asuransi yang dibeli dipakai untuk kebutuhan bersama, misalnya dengan keluarga. Untuk itu, mari simak ulasan tentang riders atau manfaat tambahan pada produk asuransi sebelum Anda memtuskan untuk membelinya.

Mempertimbangkan riders dari asuransi

Salah satu alasan yang membuat calon nasabah mengabaikan syarat dan ketentuan saat membeli asuransi adalah banyaknya informasi yang harus mereka perhatikan. Belum lagi perusahaan atau agen yang akan menawarkan riders atau asuransi tambahan sebagai pendamping asuransi pokok. Calon nasabah yang enggan berlama-lama mendengar penjelasan pun langsung menyepakati tanpa memperhatikan detail yang lebih penting.

Keberadaan riders yang dianggap sebagai ‘aksesori’ pun membuatnya sering dilupakan. Dari segi kepentingan, asuransi tambahan memang bisa Anda ambil atau biarkan berdasarkan kebutuhan maupun kelengkapan dari asuransi pokok. Meski begitu, riders dapat membantu nasabah saat fitur atau layanan utama belum bisa menanggung risiko yang dihadapi.

Maka dari itu, sebagai calon nasabah yang cerdas, Anda sebaiknya memperhatikan riders yang tersedia dalam asuransi pokok. Walau mungkin nantinya tidak ada tambahan yang diambil, paling tidak Anda tahu ada manfaat yang dapat menunjang layanan utama atau tidak. Tanyakan kepada agen atau perusahaan yang bersangkutan tentang cara pemakaian riders kalau Anda membutuhkannya.

Jenis-jenis riders yang disediakan asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang kerap dilengkapi dengan riders atau asuransi tambahan. Untuk mendapatkannya, Anda tentu harus membeli asuransi pokok terlebih dulu, sebab riders bukan termasuk ke dalam polis dasar.

Dalam produk asuransi jiwa, riders akan ditambahkan ke dalam polis asuransi jiwa berjangka. Asuransi tambahan tersebut nantinya bisa Anda tarik pada saat atau kala risiko tertentu terjadi. Dengan begitu, Anda sebagai nasabah akan menerima santunan lebih banyak daripada yang diperoleh saat mengambil asuransi pokok saja.

Apa saja riders yang biasanya disediakan asuransi jiwa? Umumnya, ada empat riders yang bisa Anda pilih, antara lain:

  • Waiver of premium rider. Pada rider ini, saat pemegang polis atau nasabah tak mampu melunasi premi yang tersisa akibat kehilangan pendapatan atau cacat, maka manfaat tambahan bebas premi dapat diambil. Sementara sisa premi yang harus Anda bayar bisa dihapuskan asalkan polis asuransi pokok masih aktif;
  • Critical illness rider. Nasabah atau pemegang polis yang mengambil critical illness rider akan menerima santunan sekaligus saat menerima diagnosis valid terkait penyakit kritis tertentu yang sudah ditetapkan dalam rider. Beberapa penyakit yang bisa dijadikan rider mencakup kanker, serangan jantung, sampai gagal ginjal;
  • Disability rider. Sesuai namanya, jenis rider ini dirancang bagi pemegang polis atau nasabah yang mengalami kecelakaan yang menyebabkan cacat pada fisik. Risiko lainnya yang dapat ditanggung disability rider adalah adanya gangguan pada fungsi tubuh akibat kecelakaan dan membuat nasabah sulit melakukan aktivitas sehari-hari;
  • Accidental death benefit. Jenis rider ini diberikan saat nasabah atau pemegang polis yang meninggal dunia akibat kecelakaan saat masa pertanggungan asuransi pokoknya masih berjalan. Ahli waris akan menerima santunan tambahan sesuai polis. Biasanya terdapat batasan maksimal yang ditentukan hingga 200%.

Jenis asuransi lain bisa saja menyediakan riders berbeda, sehingga penting bagi Anda untuk mengeceknya kalau tertarik dengan manfaat yang diberikan. Dengan demikian, fungsi asuransi pokok dapat dioptimalkan, terutama bagi nasabah yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *