Acara Sahur OVJ Dan Pesbukers Ditegur KPI Karena Melecehkan

Acara Sahur Ramadhan 2013 Bermasalah – Acara yang sedianya menemani santap sahur Ramadhan 2013 yang ada di sejumlah stasiun televisi Indonesia Justru mendapat teguran oleh KPI (Komisi Penyiaran Indonesia).

KPI memberikan surat teguran kepada program acara Sahurnya OVJ di Trans7 dan Sahurnya Pesbukers di ANTV.

Sahurnya OVJ 2013
Sahurnya OVJ 2013

Seperti Medianya News kutip dari situs resmi KPI, Acara sahurnya OVJ di Trans7 pada 12 Juli 2013 diberikan teguran bahwa lawakan yang diberikan pemain Sahurnya OVJ seperti Andre Taulani, Desta, Nunung, Parto dianggap melecehkan orang lain.

Sama seperti halnya Acara OVJ , Sahurnya pesbukers juga mendapatkan teguran yang serupa. Surat untuk Sahurnya Pesbukers yang bernomor /K/KPI/07/13 dibuat pada 15 Juli 2013 juga mengandung unsur lawakan yang melecahkan orang lain. menurut KPI banyak para penonton mengadukan kedua acara komedi tersebut. Tercatat ada enam adegan yang melanggar penyiaran terutama pelanggaran melecehkan orang lain. Adapun adegan sahurnya pesbukers yang ditegur KPI yakni tanggal 10 Juli 2013 dan 12 Juli 2013. Adegan tersebut dilakukan oleh Eko Patrio, Sapri, Opik Kumis, Daus Mini dan Andhika Pratama dan dianggap melakukan pelecehan.

“Pelanggaran yang dilakukan adalah penayangan adegan yang melecehkan orang dan atau masyarakat dengan kondisi fisik tertentu serta pelanggaran terhadap norma kesopanan,” tulis KPI yang dikutip Medianya, Rabu (17/7/2013).

“KPI Pusat meminta kepada Saudara agar menjadikan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) Komisi Penyiaran Indonesia tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program dan diharapkan terdapat perbaikan pada program siaran yang sesuai dengan ketentuan P3 dan SPS sehingga program siaran bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.”

Padahal sebelum memasuki bulan Ramadan, KPI sudah memperingatkan agar acara lawak sahur yang disiarkan langsung agar berhati hati. KPI sangat menyayangkan adanya teguran ini. Karena acara sahur atau berbuka jauh dari kesan semangat Ramadan karena lawakan yang kurang cerdas dan melecehkan orang lain walau tujuannya menghibur.

Leave a Reply