April 20, 2021
Kue Kering Bawang, Kue yang Dibuat Tanpa Menggunakan Oven kue kering bawang

Kue Kering Bawang, Kue yang Dibuat Tanpa Menggunakan Oven

kue kering bawang
kue kering bawang

Aneka kue kering yang selalu kita temukan di perayaan besar seperti pernikahan, pertemuan, sampai acara besar keagamaan Islam dalam hal pembuatannya selalu menggunakan oven untuk memanggang. Tapi ada salah satu kue kering yang dibuat tanpa menggunakan oven yaitu kue bawang.

Dari aneka kue kering yang ada, memang kue bawang menjadi favorit para ibu rumah tangga ketika membuatnya. Karena kue yang satu ini memang tidak begitu ribet seperti kue kering lainnya yang harus membutuhkan oven untuk memanggang. Selain itu, bahan-bahan pembuatannya pun mudah dicari.

Alat yang harus dimiliki ketika akan membuat kue ini yaitu seperti mesin pembuat pasta/kulit molen. tapi jika tidak punya, bukan berarti anda membatalkan niat tersebut. Anda bisa menggunakan roller pin, atau juga bisa menggunakan botol bekas kecap atau sirup yang sudah dicuci bersih tentunya. Kegunaan alat in yaitu untuk menggiles adonan dengan ketebalan yang telah ditentukan, setelah itu adonan tinggal dipotong dan dibentuk sesuai kehendak. Sebenarnya bentuk dari kue bawang yaitu seperti tusuk gigi, tapi jika anda ingin lebih berkreasi maka anda bisa membentuk kue tersebut menjadi lebih berbeda dari biasanya.

Bahan dasar dari kue bawang sendiri yaitu tepung terigu, telur, santan kental, dan minyak. Jika anda ingin menyimpan kue ini dalam jangka waktu yang lama, maka sebaiknya memakai tepung terigu berprotein sedang. Selain itu ketika hendak meniriskan dari minyak penggorengan, sebaiknya tiriskan sampai kering. Minyak goreng yang tersisa pada kue bawang akan mengakibatkan kue cepat bau apek ketika menyimpannya di dalam toples tertutup.

Selama anda menggunakan minyak goreng yang berkualitas dan proses penirisan dilakukan dengan baik, maka meski disimpan di toples yang kedap udara pun tidak akan cepat basi bahkan bisa bertahan hingga 2 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *