IBX582022AF841EE
Published On: Wed, Sep 16th, 2015

Ciri-Ciri Penyakit Ginjal dan Penyebabnya

Ciri Penyakit Ginjal

Ginjal source Google Image

Ginjal merupakan organ yang besarnya seperti biji kacang dan terletak pada punggung tengah sebelah kanan dan kiri. Meskipun kecil namun ginjal mempunyai fungsi sangat penting terhadap tubuh. Peranan ginjal antara lain melakukan detoksifikasi dari dalam tubuh, menyaring darah kotor dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Dengan peranan dan tugas sevital itu, maka akan sangat berbahaya jika seseorang menderita penyakit ginjal. Penyakit ginjal dan penyebabnya ada bermacam-macam antara lain terjadi radang  yang menyerang selaput atau kapsul yang melapisi ginjal sehingga membuat ginjal membengkak, adanya batu ginjal yang merupakan pengkristalan urin dan menghambat keluarnya urin dan akhirnya menyebabkan ginjal membengkak, kanker ginjal yang merusak kapsul ginjal dan penderita akan merasa kesakitan yang parah, penyumbatan saluran urin karena pembengkakan prostat  dan suplai darah ke ginjal berkurang karena hipertensi atau tumor. Dari beberapa penyebab penyakit ginjal di atas, yang paling banyak adalah batu ginjal.

Sayangnya banyak orang yang tidak mengetahui jika dirinya sedang terserang penyakit ginjal. Sehingga mayoritas penyakit ginjal bersifat kronis dan cenderung parah. Untuk itu sebaiknya kenali ciri-ciri awal dari sakit ginjal. Ciri-cirinya  antara lain merasa mual dan ingin muntah tiba-tiba, pinggang terasa nyeri, warna urin berubah menjadi pekat, kencing disertai darah. Jika merasakannya, hendaknya periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat. Selain itu waspadai pula penyebab penyakit ginjal.

Waspadai Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya

Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh penduduk Indonesia adalah penyakit ginjal. Ginjal yang merupakan salah satu organ vital pada tubuh yang berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuang kotoran ini bersama dengan air dalam bentuk urin. Ginjal juga memiliki peran untuk menjaga kadar asam basa di dalam tubuh agar tetap seimbang. Ciri-ciri awal mereka yang mengalami penyakit ginjal adalah rasa nyeri yang menusuk pada perut bagian tengah atau bawah yang posisinya dekat dengan tulang rusuk.

Sebenarnya, penyebab penyakit ginjal berbeda-beda, tergantung pada masing-masing kasus yang dialami. Tetapi, secara garis besar penyakit ginjal dan penyebabnya bisa dijelaskan sebagai berikut. Penyakit ginjal bisa disebabkan oleh infeksi yang disebut pielonefritis. Hal ini dikarenakan ada jaringan dalam ginjal yang mengalami peradangan. Selain infeksi, batu ginjal bisa menyebabkan penyakit ginjal. Pada kasus batu ginjal, terjadi pengkristalan urin yang lalu mengeras menjadi batu shingga menyumbat saluran kencing. Kanker ginjal juga menjadi salah satu sebab penyakit ginjal, tumor yang tumbuh di area ginjal dapat mengganggu kerja ginjal.

Untuk mencegah penyakit ginjal dan penyebabnya, kita perlu mulai melaksanakan gaya hidup sehat dan tak menunda buang air kecil. Selain itu, perencanaan keuangan lewat program yang ditawarkan futuready perlu dilakukan agar kita kesiapan kita tentang masa depan tak perlu dikhawatirkan.

 

 

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>