April 23, 2021
Kisah Inspiratif Sang Pengusaha Warteg yang Sukses Iustrasi Bisnis

Kisah Inspiratif Sang Pengusaha Warteg yang Sukses

Motivasi Bisnis
Iustrasi Bisnis

Apakah kamu sering menyantap makanan di warteg?

Warteg yang merupakan singkatan Warung Tegal adalah salah satu bentuk rumah makan sederhana yang ada di ibukota. Didirikan di bangunan yang serba sederhana, menu warteg yang harganya ekonomis menjadi andalan bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah. Bukan berarti masyarakat kelas atas tidak pernah mencicipi kelezatan hidangan warteg. Karena sesungguhnya warteg bisa dinikmati oleh semua kalangan pelanggan.
Jangan menganggap warteg yang menyediakan menu sederhana tersebut sebagai usaha kecil-kecilan bagi sang pemilik. Sebab penghasilan pengusaha warteg ternyata tak kalah dari pekerja kantoran. Bahkan cerita motivasi ini akan membuat siapa saja yang mendengarnya jadi berdecak kagum.
Desa yang Menjadi Tanah Kelahiran Para Pengusaha Warteg
Ada beberapa desa di kawasan Jawa Tengah yang terkenal sebagai tempat kelahiran para pengusaha warteg yang sukses di ibukota. Dua desa yang paling tersohor adalah desa Sidapurna dan Sidakaton. Menurut pengakuan salah seorang pengusaha warteg asal Sidapurna, sekitar 50 persen dari 10.000 penduduk desanya masih setia menjadi pengusaha warteg di ibukota.
Jangan bayangkan desa-desa asal pengusaha warteg tersebut sebagai desa yang terpencil dan kumuh. Sebab nyatanya banyak sekali bangunan rumah megah yang berdiri di desa tersebut. Hampir semua pengusaha warteg juga memiliki kendaraan roda empat pribadi sebagai salah satu wujud nyata kesuksesannya merantau ke ibukota. Meski kehidupannya di ibukota tampak sangat sederhana seperti masyarakat kelas menengah, ternyata para pengusaha warteg tersebut berhasil menunjukkan kemapanan di desa asalnya.
Tentang Tantangan Bisnis Warteg Di Ibukota
Memulai bisnis warteg di ibukota mungkin tampak mudah. Namun kenyataannya banyak sekali tantangan yang dihadapi, mulai dari biaya sewa tempat yang makin mahal, melambungnya harga bahan makanan, serta kesulitan mencari pegawai.
Kendati demikian, setiap warteg yang bisa bertahan di ibukota setidaknya bisa mendapatkan penghasilan kotor 3 hingga 5 juta per hari. Di bawah bimbingan Pusat Koperasi Warung Tegal (Puskowarteg), para pengusaha warteg giat bahu membahu demi mempertahankan eksistensi bisnisnya di masa kini dan masa depan.
Butuh strategi bisnis dan ketekunan untuk mencapai keberhasilan bisnis.
Sungguh menakjubkan ya kalau usaha kecil seperti warteg bisa menghasilkan pendapatan yang jumlahnya tak sedikit. Setelah menyimak cerita motivasi yang istimewa ini, kamu pasti akan menjadi lebih giat dan semangat untuk berusaha sebaik-baiknya. Jangan mau kalah dengan para pengusaha warteg di ibukota, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *