November 30, 2021
Cara Mencuci Jaket Gunung dengan Benar

Cara Mencuci Jaket Gunung dengan Benar

Untuk anda yang gemar mendaki gunung tentu anda memiliki jaket gunung tetapi taukah anda bagaimana cara mencuci jaket gunung dengan benar dan bagaimana cara merawat jaket gunung agar awet? Jaket gunung yang salah perawatannya akan membuat jaket gunung mudah rusak. Membersihkan jaket gunung sembarangan juga dapat mempengaruhi fungsi vital dari jaket seperti kekuatan menahan air.

Berbagai jenis model jaket gunung tetapi memiliki cara perawatan yang sama. Oleh karena itu hari ini kita akan membahas  bagaimana cara mencuci jaket gunung yang benar agar jaket tetap bersih dan awet.

1.    Hindari pencucian dengan detejen
Untuk mencuci jaket gunung sebenarnya tidak perlu menggunakan detejen, cukup menggunakan air bersih saja, jika anda tetap ingin menggunakan detejen gunakan detejen lembut seperti Rinso dan lakukan pembilasan dua kali untuk mengangkat residu pada jaket.

2.    Hindari dari sinar matahari langsung
Untuk mengeringkan jaket gunung sebaiknya taruh di tempat yang teduh sehingga jaket gunung terhindar dari sinar matahari langsung yang dapat merusak jaket. Anda juga dapat menggunkan tumble drying dengan suhu rendah selama 20 menit untuk mengeringkan jaket gunung setelah selesai gantungkan jaket pada tempat yang sejuk dan biarkan kering.

3.    Hindari pencucian dengan mesin cuci
Agar jaket gunung anda tetap awet dan bagus ada baiknya mencuci dengan tangan karena penggunaan mesin cuci yang salah dapat merusak jaket, bila anda tetap ingun menggunakan mesin cuci pastikan anda memakai air dingin, setelah itu atur supaya suhu mesin cuci mencuci terhadap suhu 30 derajat celcius.

Selain tips diatas hal-hal yang harus anda perhatikan adalah jangan memeras jaket gunung, anda dapat menggoyang-goyangkan saja untuk mengurangi air berlebihan. Cara mencuci jaket gunung secara hati-hati dan melihat label pada jaket dapat membantu membersihkan jaket gunung dengan benar. Periksa secara teliti pada label jaket apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk membersihkan jaket gunung, kadang orang-orang tidak memperhatikan label ini sehingga jaket menjadi cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *