April 18, 2021
Mencermati Penyebab Alergi Kulit pada Anak

Mencermati Penyebab Alergi Kulit pada Anak

Alergi yang menimbulkan gejala berupa gangguan kulit memang sangat menyiksa. Biasanya kulit akan mengalami ruam, bentol, bengkak, rasa panas, dan gatal yang hebat. Bila hal ini terjadi pada anak-anak, sudah pasti anak-anak menjadi rewel dan semangatnya pun terganggu.

Alergi Kulit Anak Medianya
Faktanya, ada banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab alergi kulit pada anak anda. Sebagai langkah antisipasi, Anda patut mencermati penyebab alergi kulit anak berikut ini dan segera menjauhkannya dari si kecil :
Konsumsi Aneka Makanan Sumber Protein
Beberapa makanan yang menjadi sumber protein seperti susu sapi, ayam, telur, hidangan laut, dan beberapa bahan makanan lainnya memang berpotensi menimbulkan alergi kulit. Hal ini bisa terjadi karena kandungan protein casein-alpha S1 pada makanan bisa menimbulkan reaksi tubuh yang berlebihan.
Jika buah hati Anda menunjukkan gejala alergi kulit usai mengonsumsi suatu jenis makanan, usahakan agar si kecil tak mengonsumsi makanan itu lagi dan segeralah berkonsultasi dengan dokter.
Alergi yang Disebabkan Debu
Debu ternyata tak hanya ada di jalan raya saja. Rumah yang tampak bersih belum tentu terhindar dari debu. Pendingin ruangan yang kotor, seprai yang jarang diganti serta interior rumah yang jarang dibersihkan juga rentan berdebu. Solusinya, bersihkan setiap bagian rumah secara teratur untuk meminimalkan debu penyebab alergi kulit. Anak yang alergi debu akan mengalami gangguan kulit dan perasaan tak nyaman setelah kontak langsung dengan debu.
Bulu Hewan Peliharaan
Sebenarnya bukan bulu hewan peliharaan yang mencetuskan alergi kulit melainkan kandungan protein pada bulu hewan peliharaan tersebut. Selain bagian bulunya, protein yang bisa memicu alergi kulit juga terdapat pada air liur hewan peliharaan. Bila ingin memelihara hewan peliharaan, berarti Anda juga harus siap menjaga kebersihan hewan peliharaan dan rumah Anda setiap hari.
Gigitan Serangga
Gigitan serangga memang menyebalkan. Beberapa jenis serangga seperti nyamuk, semut, atau ulat bulu bisa meninggalkan rasa gatal dan alergi pada kulit anak. Namun Anda tak perlu khawatir. Karena penyebab alergi yang satu ini bisa dicegah dengan cara membersihkan rumah dan lingkungan sekitar secara cermat dan teratur.
Dengan menjauhkan anak dari keempat penyebab alergi tersebut, maka risiko alergi kulit pada anak pun akan semakin kecil. Kulit anak akan senantiasa sehat sehingga anak-anak pun menjadi lebih ceria saat menjalankan rutinitasnya. Mari menjaga kesehatan anak dan menjauhkannya dari risiko alergi kulit yang mengganggu. Tidak ada salahnya ada memberikannya pengganti susu sapi seperti susu soya atau susu PHPro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *