Inilah Tahapan Perkembangan Janin Dalam Perut Bunda

Perkembangan Janin Ibu Dan Balita

Bagi semua pasangan yang sedang menantikan anak pertamanya kehadiran buah hati menjadi hal yang sangat ditunggu dan setiap momennya akan menjadi luar biasa spesial termasuk tahap perkembangan janin sikecil dalam perut bunda . Setiap perkembangannya dari minggu pertama hingga bulan-bulan berikutnya akan terasa istimewa.

Nah buat anda yang penasaran seperti apa sih perkembangan buah hati sejak dalam perut bunda berikut ini blog medianya.com hadirkan tahapan-tahapan perkembangan janin dan pertumbuhan sikecil dalam perut bunda tiap bulannya.

Perkembangan Janin Ibu Dan Balita

Bulan Pertama Janin Dalam Perut
Sel telur yang telah dibuahi menjadi sekumpulan sel berbentuk bola yang menempel di dinding rahim. Kumpulan sel itu lalu berkembang bentuknya menjadi seperti udang sebesar beras. Di tahap ini tumbuh susuna saraf pusat dan jantung

Bulan Kedua
Umur kehamilan 6 minggu : terbentuknya tangan, kaki, otak dan organ-organ penting : seperti jantung, hati, ginjal dan limpa.
Umur kehamilan 7 minggu : terbentuknya otak dan mata
Umur kehamilan 8 minggu : terbentuknya struktur telinga, mata dan mulut
Umur kehamilan 10 minggu : jantung mulai berfungsi, terbentuknya paru-paru

BULAN KE 3

Pada perkembangan janin 3 bulan, panjang embrio mencapai 5 cm dari kepala sampai pantat dan beratnya 14 gram (± sebesar sebutir telur ayam kampung). Wajah mulai terbentuk, hidung dan dagu bisa terlihat, kelopak mata bisa dibukan dan tertutup, bibir mulai mengisap-isap, kaki dan tangan sudah besar dan kecil, kuku jari-jari tangan terbentuk dengan baik, mulai menggengam jari-jarinya, alat kelamin mulai tampak, air kencing mulai di produksi.

BULAN KE 4
Pada perkembangan janin 4 bulan, bayi berkembang cepat, organ dalam terbentuk. Kuku jari tangan dan kaki bertumbuh. Saat usia janin 4 bulan tampak kurus karena belum ada lapisan lemak di dalam tubuhnya. Di akhir bulan rambut halus tumbuh di seluruh tubuh bayi
BULAN KE 5
Pada perkembangan janin 5 bulan, Bayi berkembang makin pesat. Panjangnya kini mencapai 13 cm. Ia kini memproduksi selaput putih yang melapisi tubuhnya dan melindungi kulitnya. Pada saat usia janin 5 bulan Rambut, alis dan bulu matanya tumbuh, indranya pun berkembang. Meski matanya terpejam, bayi dapat menangkap cahaya yang terang.
BULAN KE 6
Pada perkembangan janin 6 bulan, sistem pencernaan dan kekebalan tubuh semakin matang. Bayi mulai mengeluarkan air seni tanda sistem pencernaan mulai bekerja. Pada saat usia janin 6 bulan, kini sudah bisa mengontrol gerak tubuhnya dan anda bisa merasakannya bergerak, khususnya saat anda istirahat. Gerakan anda dan suara ramai bikin ia tidur.
BULAN KE 7
pada perkembangan janin 7 bulan, otak berkembang dengan cepat, panjang janin 35-38 cm, berat 1250 gram, dan janin bisa membuka dan menutup mata. Saat usia janin 7 bulan 96% dari semua janin telah berganti posisi, yaitu posisi kepala di bawah, organ-organ tubuh mulai sempurna. Berat janin bertambah dengan cepat (janin mulai melatih gerkan-gerakan bernafas, mengontrol suhu badan dan lain-lain). Bayi yang lahir pada masa ini memerlukan perawatan yang khusus di unit perawatan intensif untuk bertahan hidup kandungan.

BULAN KE 8
Pada perkembangan janin 8 bulan, gerakan bayi anda semakin terkordinasi, dan ia sudah bisa membukan dan menutup mata, juga merasakan rada manis dan asam. Pada saat hamil 8 bulan, kepala bayi anda mungkin ada di bawah, di posisi siap dilahirkan. Tapi posisi ini bisa berubah sewaktu-waktu.

PERKEMBANGAN JANIN BULAN KE 9
Bayi lengkap terbentuk dan ia kini bisa lahir kapan saja. Setiap minggu ia akan bertambah 225 gram. Lapisan lemak yang tebal mulai berkembang di bawah kulitnya, membuatnya tampak lebeih berisi, dan memberi cadangan energi untuk digunakan pada saat ia keluar dari rahim.

Nah bagaimana , banyak sekali kan proses dalam perkembangan buah hati anda nantinya sejak dalam perut. Dalam masa kehamilan dan perkembangan janin tersebut tentu sang bunda juka harus memperhatikan kesehatannya dan juga asupan makanannya seperti susu. Oleh karena itu bunda harus berkonsultasi atau rajin membaca artikel kesehatan seperti di IbudanBalita.com dan memilih susu yang bagus seperti Frisian Flag yang memang sudah direkomendasikan sejak dulu untuk bunda dan buah hati dalam perut bunda.

Leave a Reply