November 30, 2021
Mudah Ngantuk dan Lelah Salah Satu Gejala Diabetes

Mudah Ngantuk dan Lelah Salah Satu Gejala Diabetes

Ciri Ciri Atau Gejala Diabetes Kencing Manis РPenyakit diabetes kerap kali tidak disadari oleh penderitanya.  Bahkan penyakit yang sampai sekarang belum bisa disembuhkan ini kerap disebut sebagai the silent killer. Hal ini juga yang membuat diabetes menjadi sulit teridentifikasi.

Salah satu yang mengerikan dari Diabetes ialah sampai saat ini diabetes belum dapat disembuhkan. Namun penyakit ini dapat dikontrol apabila sudah dikenali gejalanya sejak dini. Kali ini medianya.com hadir memberikan info ciri atau gejala diebetes dan cara mengatasinya :

Gejala Diabetes TropicanaSlim

Mudah Ngantuk
Pada penderita penyakit diabetes, gula yang dibawa dalam darah sulit diserap oleh tubuh. Tidak terserapnya gula tersebut banyak terbuang melalui urine. Hal ini membuat energi yang dibutuhkan tubuh pun tak terpenuhi. Dengan demikian penderita penyakit diabetes kerap merasa kantuk.

Berat Badan Menurun
Kekurangan energi akibat gagalnya insulin mengubah gula menjadi energi, membuat tubuh tak berenergi. Tubuh selanjutnya akan memanfaatkan simpanan lemak dalam tubuh sebagai energi. Ini akan terus berlangsung hingga lemak tak bersisa dan menyebabkan berat badan berkurang.

Mudah Lelah
Penderita diabetes atau bisa disebut Diabetesi kerap merasakan lelah, haus, lapar dan tubuh lemas. Keadaan ini disebabkan oleh hormon insulin yang tidak lagi aktif, sehingga gula darah sulit melewati membran sel dan terjadi penumpukan gula darah.

Sering Pipis
Orang yang menderita diabetes kerap buang air kecil. Bagi Anda yang tidak minum air banyak sebelum tidur, namun kerap buang air kecil, maka ini merupakan gejala diabetes. Hal ini biasanya terjadi di malam hari dengan frekuensi lebih dari tiga kali.
Kulit Pucat dan Gatal
Kulit penderita penyakit diabetes terlihat pucat dan kering akibat adanya kerusakan saraf tepi atau neuropati perifer. Hal ini memengaruhi sirkulasi dan fungsi kelenjar keringat. Kulit penderita penyakit diabetes pun akan gatal, kering dan mudah terinfeksi.
Sering Kesemutan dan Sensitifitas Kulit Menurun
Saraf-saraf yang berada di tangan dan kaki juga terkena dampak dari berlebihnya kadar gula dalam darah. Efeknya adalah saraf tersebut berkurang kemampuannya untuk merasa. penderita penyakit diabetes pun kerap merasakan kesemutan.

Penglihatan Semakin Kabur
Orang yang terkena Diabetes akan mengalami penglihatan yang kabur. Hal ini disebabkan oleh berlebihnya kadar gula yang merusak pembuluh darah dan saraf mata. Tidak hanya itu, kadar gula yang tinggi juga memicu penarikan air di dalam sel melalui proses osmosis.
Sitem Kekebalan Tubuh Menurun dan Luka lambat sembuh
Dengan gagalnya insulin beroperasi, sistem kekebalan tubuh pun turut terkena dampaknya. Sehingga penyakit dari luar mudah menyerang, terutama luka di bagian kaki dan tangan.

Cara Mencegah Diabetes Sebelum Terlambat

Untuk mencegah diabetes anda bisa melakukan tiga hal simpel dibawah ini yakni :

1. Perbanyak makanan yang sehat. Kurangi asupan gula, makanan berlemak, makanan cepat saji, atau makanan yang digoreng setiap harinya.Anda juga bisa menggunakan gula khusus penderita diabetes seperti TropicanaSlim.

2. Perbanyak Gerak dan Olahraga. Jangan hanya berdiam diri dirumah dengan bermain gadget , hendaknya anda bergerak seperti melakukan olahraga, berkebun, atau bermusik. Perbanyak aktivitas gerak di luar ruangan dibanding bermain gadget di dalam ruangan.

3. Jangan terlalu Gemuk. Jaga berat badan ideal dengan melakukan diet dan olahraga secara teratur untuk menghindari obesitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *