IBX582022AF841EE
Published On: Mon, Jan 22nd, 2018

Cara Membuat Composting Toilet, Teknologi Toilet Kering Terbaru

Pada prinsipnya, ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk membuat composting toilet, yaitu lubang tinja dan kotak penampungan tinja, serbuk kayu, pipa aliran udara untuk sirkulasi udara, pintu akses untuk pemanenan kompos. Composting toilet dapat menggunakan model kloset jongkok maupun kloset duduk. Yang perlu disesuaikan adalah bagian lubang kloset yang terdiri dari 2 lubang dimana lubang yang besar digunakan agar kotoran langsung masuk ke tempat penampungan dibawahnya.  Kemudian, di bagian bawahnya letakkan kotak yang berfungsi untuk menampung tinja yang nantinya diberi media serbuk kayu, sekam ataupun jerami. Sedangkan lubang yang berukuran kecil digunakan untuk menyalurkan urine yang dihasilkan untuk kemudian ditampung ke dalam wadah yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai pupuk cair.

Jenis Toilet Berkualitas

Saat menggunakan composting toilet, Anda harus memperhitungkan jumlah serbuk berdasarkan frekuensi pemakaian. Sebaiknya setiap habis melakukan buang air besar, berikan serbuk kayu pada composting toilet sebanyak 1 gayung. Serbuk kayu digunakan karena bahan ini mengandung selulosa. Selain itu bahan ini juga memiliki daya serap tinggi. Secara mikroskopis, serbuk kayu yang berpori-pori mampu menangkap materi seperti oksigen (O2) dan air (H2O). Hasil studi menunjukkan serbuk kayu dapat menyimpan udara sebanyak 50 %, menyerap padatan hingga 10-15 %, dan menahan air hingga 35-40%. Pada campuran serbuk kayu dan tinja tidak memerlukan bakteri tambahan sebagai pengurai. Bakteri alami yang ada sudah mampu mendegradasi kotoran. Selain menguraikan kotoran, bakteri juga menguapkan karbondioksida (CO2) dan H2O ke udara.

Proses penampungan tinja pada composting toilet dapat dilakukan hinga 3 bulan lamanya. Setelah ditampung selama 3 bulan, Anda dapat melakukan proses pengomposan. Dengan proses pengomposan akan dihasilkan pupuk yang dapat digunakan pada tanaman Anda atau bisa juga dijual untuk mendulang keuntungan.

Itu tadi proses pembuatan composting toilet hingga proses pengomposannya. Dalam menggunakan composting toilet, Anda memang dituntut untuk senantiasa merawat toilet yang Anda miliki sehingga dapat diolah kembali menjadi kompos nantinya.

Jenis toilet berkualitas anda bisa cari di https://www.americanstandard.co.id/id/bathrooms/shower-toilets-bidet-seats-category/jenis toilet berkualitas di american standard sudah diakui dan dipakai semua orang.

Semoga bermanfaat!

About the Author

- Situs Berita Medianya News 2016 |Situs berita, olahraga, hiburan, teknologi, bisnis, kesehatan, properti, remaja.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>