Bagaimana Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Memberikan makan kepada anak usia 1 tahun keatas memerlukan kesabaran dan cara khusus karena anak pada usia tersebut terkadang mulai susah makan. Penting untuk orang tau mengetahui penyebab dan cara mengatasi anak susah makan. Berikut ini beberapa tips cara dalam mengatasi anak yang susah makan agar nutrisi anak tetap terpenuhi selalu.

Menentukan Batas Waktu Makan Anak

Sering terjadi ketika anak sangat nafsu makan namun pada keesokan harinya anak tiba tiba susah makan. Orang tua tidak perlu stress atau memaksakan makan kepada anak. Orang tua harus memberikan batasan waktu untuk makan anak setiap harinya agar anak terbiasa makan sesuai jadwalnya.

Atur jadwal makan yang tetap semisal 3 kali waktu makan utama dan 2 kali makan camilan setiap hari, juga batasi waktu sekitar 30 menit untuk setiap waktu makan anak.

Memperkenalkan Jenis Makanan Baru

Hal yang wajar ketika anak hanya mau makan satu jenis makanan kesukaannya saja. Anak tidak mau memakan makanan jenis baru karena tidak tertarik dengan makanan yang rasanya belum anak kenali tersebut. Tugas orang tua ialah tetap tenang dan jangan stress dalam menghadapi anak. Tetap tawarkan berbagai jenis makanan baru lain kepada anak namun jangan memarahi atau memaksa anak untuk memakannya.

Bahkan ada kalanya ketika anak tiba tiba tidak mau makan makanan favoritnya. Hal tersebut juga wajar terjadi. Orang tua jangan panik karena hal tersebut hanya bersifat sementara, Jadi tetap coba terus berikan makanan yang ditolak anak tersebut di keesokan harinya dan seterusnya. Jika anak tidak mau minum susu coba berikan pilihan lain yang juga mengandung susu seperti keju atau yoghurt.

Jika anak tidak mau mengkonsumsi sayur coba seimbangkan nutrisi anak dengan memberinya buah buahan.

Menambah Nafsu Makan Anak

Buat anak lebih selera makan dengan memberikan makan yang mudah dipegang anak dan membiasakan anak memasukan makanan kemulutnya lalu memakannya sendiri. Gunakan peralatan makan yang menarik perhatian anak sebagai cara mengatasi anak susah makan. Lalu sebaiknya ketika anak makan jauhkan dari gadget, televisi, binatang peliharaan yang bisa membuat fokus anak makan terganggu.