Yuk, Kenalan dengan Konsep Mezzanine untuk Mempercantik Rumah

Atap Dek Beton

Jika kamu dan pasangan belum memiliki dana yang cukup untuk membangun rumah dua lantai, kamu bisa coba terapkan konsep mezzanine pada rumah. Pertimbangan ketika membangun rumah dua lantai pastinya adalah biaya dan tidak lupa untuk membuat atap dak beton terlebih dahulu agar lebih kokoh. Jadi, tidak ada salahnya dengan membangun mezzanine. Dengan membangun mezzanine, kamu juga bisa membuat tampilan rumah semakin modern. Tidak hanya itu, dengan adanya mezzanine makan akan menambahkan ruang di dalam rumah tanpa harus menambah lantai lagi. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai mezzanine ini.

 

Pengertian Mezzanine

Mezzanine adalah balkon tambahan yang berada di dalam ruangan yang biasanya disebut juga sebagai lantai tambahan. Mezzanine juga bisa diartikan sebagai lantai yang berada di tengah suatu bangunan. Menurut arsitektur dari Perancis, mezzanine sendiri adalah ruangan yang dibuat dengan cara partisi, namun tidak naik hingga ke langit-langit rumah. Penggunaan mezzanine biasanya digunakan untuk bangunan-bangunan seperti gudang.

 

Panduan Membangun Mezzanine di Dalam Rumah

Jika kamu tertarik membangun mezzanine di dalam rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, ya! Hal ini karena akan berpengaruh terhadap desain dan agar hasil akhir yang diinginkan sesuai dengan keinginan kamu. Lalu, apa saja hal yang harus diperhatikan untuk membuat mezzanine?

 

1. Perhatikan luas ruangan

Nah, sebelum membangun mezzanine, ada baiknya kamu mengetahui luas dari ruangan yang akan digunakan untuk membangun mezzanine. Perlu diingat lagi bahwa membangun mezzanine adalah tidak membangun lantai tambahan, sehingga akan memakan tempat yang akan digunakan sebagai mezzanine. Maka dari itu, pilihlah ruangan yang cukup untuk membangun sebuah mezzanine. Yang dikhawatirkan jika salah menghitung luas adalah rumah akan terlihat lebih sumpek. Kamu tidak mau seperti itu, bukan?

 

2. Perhatikan Fungsi dari Mezzanine yang akan Digunakan

Sebelum membangun mezzanine, perhatikan juga fungsi dari ruang mezzanine ini. Apakah fungsinya sebagai tambahan aksen pada rumah atau memang tambahan pada ruangan lain seperti ruang kerja, perpustakaan atau ruang bermain anak. 

 

3. Tidak Hanya Luas Ruangan, Perhatikan Juga Tinggi Ruangan

Pada poin pertama, luas ruangan menjadi salah satu patokan untuk membangun mezzanine, tapi ternyata tinggi dari sebuah ruangan juga harus diperhatikan. Tinggi ideal untuk membangun mezzanine adalah 440cm yang dimana mezzanine akan mengambil sekitar 210cm termasuk langit-langit yang ada di ruangan tempat dimana mezzanine tersebut akan dibangun.

 

4. Faktor Pencahayaan Juga Menjadi Pertimbangan Penting

Selain ketiga faktor yang disebutkan di atas, pencahayaan menjadi salah satu faktor penting juga dalam membangun mezzanine. Jangan sampai dengan adanya mezzanine malah menjadikan rumah kekurangan cahaya alami untuk masuk ke dalam rumah. Hal ini juga akan berdampak pada pemakaian listrik di rumah karena mezzanine tersebut membutuhkan pencahayaan dari lampu.

 

Itu tadi adalah pengertian mezzanine dan panduan untuk membangun mezzanine. Bagi kamu yang tertarik untuk membangun mezzanine, kamu bisa cari informasi lainnya mengenai mezzanine dan inspirasi-inspirasinya!