April 21, 2021

Ustad Maulana Diprotes Karena Menyinggung Penderita Kusta di Acara Islam Itu Indah (TransTV)

Ustad Maulana Diprotes dan Dilaporkan Ke KPI – Perhimpunan Mandiri Kusta (Permata) Sulawesi Selatan mendatangi kantor KPI, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah untuk melayangkan protes kepada salah satu stasiun televisi (Trans TV) yang menayangkan program islami, dengan pembawa acara Ustad Maulana yang terkenal dengan ucapan “Jamaah, oo Jamaah”.

Ustad Maulana Di Protes 2013
Ustad Maulana Di Protes 2013

Dalam protes yang diajukan ini, Permata Sulsel menuntut permintaan maaf dari Ustad Maulana dan stasiun televisi tersebut. Koordinator Permata, Al Qadri, menyebut sebuah kutipan dalam siaran televisi Islam Itu Indah pada Senin, 13 Mei 2013, yang dibawakan oleh Ustad Maulana dengan tema keluarga berencana.

“Istri itu wajib melayani suami, kecuali dalam keadaan haid. Kalau ibu tetap melayani termasuk ketika berhubungan badan dengan kondisi haid, maka akan melahirkan anak dengan penderita kusta,” ujar Al Qadri, yang ditemui di ruang KPID Sulsel, Rabu, 14 Mei 2013.

Menurut dia, ucapan tersebut membuat mereka keberatan. “Artinya, Ustad Maulana menganggap kami ini lahir dari hubungan orang tua yang kotor dalam keadaan kotor. Kami hanya meminta klarifikasi dan permintaan maaf dari Ustad Maulana dan stasiun televisi tersebut selama tujuh hari berturut-turut selama acara tersebut berlangsung,” Al Qadri menjelaskan.

Al Qadri mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi bersama terkait masalah tersebut. “Kami berharap masalah ini dapat diselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, pemimpin advokasi dari Yayasan Transformasi Lepra Indonesia, Dodi Tumanduk, mengatakan, jika nantinya permasalahan ini tidak bisa diselesaikan, kemungkinan pengajuan ke jalur hukum bisa saja dilakukan.

Ketua KPID Sulsel Rusdin Tompo mengatakan, masalah akan dibahas bersama dengan pihak stasiun terkait dan akan langsung diproses sesuai mekanisme yang berlaku.

“Kami akan langsung menyurati untuk meminta klarifikasi terkait hal tersebut, paling lambat itu tujuh hari setelah surat keluar. Dan apabila tidak ditanggapi, akan ada teguran yang diberikan, baik itu tulisan. Klarifikasi tersebut meminta agar nantinya Ustad Maulana lebih berhati-hati lagi dalam menyampaikannya, terutama mengenai persoalan sensitivitas di masyarakat,” ujar Rusdin

Pihak Trans TV sendiri yang diwakili oleh A.Hadiansyah Lubis, Kepala Departemen Marketing PR Trans TV, mengatakan telah menerima surat tersebut. “Surat sudah kami berikan ke program terkait, tapi belum ada jawaban yang spesifik dari penanggung jawab program karena saya masih cuti,” kata Hadiansyah, Senin, 20 Mei 2013. (tempo)

19 thoughts on “Ustad Maulana Diprotes Karena Menyinggung Penderita Kusta di Acara Islam Itu Indah (TransTV)

  1. Ada2 saja ni ustadz. Hati2 ngomong Tad. Lagian emangnya sudah ada penelitian ilmiah jika isteri berhubungan dalam keadaan Haid akan melahirkan keturunan dengan penderita Kusta?? Kalo larangan dari agama sih iya. Saran saya Pak ustad selain mendalami agama jg harus mempelajari ilmu lainnya. Kalo gini maka citra islam tambah terpuruk aje Pak Ustad.. Seolah-olah orang islam itu bodoh dan berfikiran dangkal.

  2. Nih contohnya, yg memperbodoh umat Islam adalah Ustadz(Baca:Pemimpinnya sendiri). Islam tidak akan jaya jika tidak menguasai 2 hal yaitu ilmu agama dan ilmu pengetahuan. Anda sebagai panutan umat harus CERDAS.
    Satu lagi kayaknya Pak Ustadz ni cuma hafal Alquran dan Hadist namun baru sebatas tingkat hafalan. Insya Allah diampuni Allah atas kesalahannya.

  3. apakah semua yg terinfeksi AIDS gara2 hubungan sex, jawabannya tidak karena bisa bisa juga lewat suntik,sama halnya pernyataan Uztad dia atas ‘hanya’ salah satu penyebabnya…yg cerdas dong menanggapi…

    1. PENYAKIT aids itu memang disebabkan karena hubungan sex dan itu adalah azab allah kepada manusia yg tdk mau mengikuti ajaran allah karena sex yg gonta ganti pasangan dan diluar nikah sedangkan agama islam mewajibkan utk menikah

  4. ustad-maulana_adalah_ustad_goblok_gk_menguasai_qur’an_hadits_dia_hanya_pengen_masuk_tv_doank_jujur_gue_benci_ustad_yang_jadi_artis__ceramahnya_gak_bermutu_banget_alias_dangkal

  5. “Islam itu indah” tetapi saya tidak melihat keindahan dlm acara ini.
    Gaya penyampaian n isi yg tidak sama sekali menverminkan islam.
    Hal seperti ini akan membuat hal negatif bagi citra islam itu sendiri.
    Jangan rating aja donk ug dinaikkin.
    Astaghfirullah

  6. Eeee,… Beleng lu. Semua nama nya manusia pasti ada kesalahan eee tau goblok dongo ngaseng jangan tau nya protes semua nya kmu tu semua belajar gmana cara nya ϑΐ kenal orang yaaaa kalau kmu memang kandala ko ♈α kandala ajaaaaa,…

  7. Saling mengingatkan dalam kebaikan…. ternyata mental bangsa kita jahilia ketka terjadi persalah pahaman sebaiknya musyawarah bukan di publis dasar manusia hati binatang… makanya masuklah islam secara kaffah… hidup ustad maulana

  8. Assalamualaikum..
    Setiap manusia psti punya kesalahan.. mgkin mksd pa ustd maulana brbeda..tidak brmksd mnyinggung.. kita sebagai sesama muslim..hrslah saling memaafkan bkn saling brkata kasar..mgkn ini suatu ujian buat pa ustd maulana..

  9. Maaf ya…

    Kita tidak bisa menyalahkan ustadz maulana sepenuhnya dan kita juga tidak bisa membenarkan ustadz maulana….karena setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan termasuk anda dan kita……@fredy anda bilang ceramah ustad yg masuk tv gk bermutu….memang klo misalnya anda itu ustadz yang masuk tv…ceramah anda bermutu?

  10. jangan terlalu cepat men-judge orla,coba cek n ricek dl apa mksd perkataan pak ustazd….siapa tau beliau cm salah ucap kan islam itu indah mkx jgn smp kita terpecah belah yaaaa

  11. Emang ustadz maulana cocokx jdi pelawak ketimbang jdi penceramah. Klo beliau jwb pertanyaan jarang pki dalil naqli, kebanyakan ketawax

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *