April 22, 2021

Banjir Di Kalimantan Selatan Belum Surut

Banjir April 2013 – Banjir masih merendam ribuan rumah warga di sejumlah kabupaten, antara lain Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Banjir Kalimantan Selatan April 2013
Banjir Kalimantan Selatan April 2013

Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan sejak tiga hari lalu tersebut hingga Selasa (9/4) belum surut. Penyebab Banjir terjadi akibat hujan sepanjang hari yang berlangsung Minggu kemarin.
Di Kabupaten Tabalong luapan Sungai Tabalong merendam permukiman warga di Kecamatan Murung Pudak dan Kelua. Sedangkan di Balangan, banjir melanda daerah aliran sungai di Paringin, Juai dan Halong.

Bupati Balangan Sefek Effendi saat melakukan peninjauan ke lokasi banjir mengatakan bencana itu terjadi di wilayah dataran rendah yang menjadi langganan banjir. “Curah hujan tinggi di bagian hulu menyebabkan Sungai Balangan meluap dan merendam daerah dataran rendah. Pemda telah menyalurkan bantuan tanggap darurat,” tuturnya.

Tiga kabupaten di Kalsel yaitu Tabalong, Balangan dan Hulu Sungai Tengah merupakan daerah terparah dilanda banjir dengan ketinggian air rata-rata satu sampai dua meter.

Di wilayah tersebut banjir membuat siswa dipulangkan lebih awal. Di Hulu Sungai Tengah, banjir membuat aktivitas masyarakat dan pemerintahan ikut terganggu. Bahkan, kegiatan pasar harus pindah ke tepi Jalan Trans-Kalimantan, karena pasar dan terminal terendam. (Denny S Ainan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *