June 25, 2021

Peneliti Temukan Virus Terbesar Di Dunia “Pandoravirus”

Pandoravirus Terbesar – Virus paling besar di dunia telah ditemukan oleh para peneliti, penemuan virus ini tertulis di di jurnal Science. Dalam jurnal tersebut mengungkap temuan mengenai mikroorganisme dengan ukuran terbesar di dunia. Virus ini diberi nama Pandoravirus. Virus ini sangat besar dibandingkan dengan virus-virus yang lainnya.

Pandoravirus terbesar di dunia
Pandoravirus terbesar di dunia

Seperti dilansir dari Okezone, Jean-Michel Claverie seorang peneliti mengatakan Jumat (19/7/2013). “Kami percaya bahwa kami tengah membuka kotak Pandora. Kami yakin telah menyentuh alternatiftree of life (pohon kehidupan),” jelasnya.

Virus aneh ini pertama kali ditemukan di di Las Cruce, Chili. Lalu di Melbourne, Australia. Para spesialis berhasil mengidentifikasi jenis kedua dari virus ini.

Dua virus raksasa ini ternyata dua kali lebih besar dari Megavirus yang dulu pernah ditemukan. Virus pertama dinamakan Pandoravirus salinus dan virus kedua dinamakan Pandoravirus dulcis.

Para peneliti memprediksi bahwa asal Pandoravirus sangat berbeda dari kebanyakan bentuk kehidupan mikroorganisme. Virus terbesar di dunia ini hidup dalam air jadi bukan menjadi ancaman bagi kehidupan manusia.

Kabarnya Mikroorganisme ini besarnya l1.000 kali lipat daripada virus flu biasa dan bisa dilihat dengan jelas di bawah mikroskop biasa. Menurut para Ilmuwan virus ini mempunyai 2.556 gen, di mana 7 persen dari gen tersebut mirip dengan organisme lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *