April 10, 2021

Pemasaran dengan Pinterest

Di luar negeri semakin banyak perusahaan yang menjadikan Pinterest sebagai salah satu alat untuk melakukan social media marketing. Pinterest memang belum setenar Twitter atau Facebook dikalangan pengguna internet di tanah air. Tapi hal itu bukan berarti tidak layak untuk dicoba. Di Pinterest kita bisa menemukan kategori-kategori yang spesifik untuk memasarkan sesuatu.

Sosial Media Marketing Indonesia
Sosial Media Marketing Indonesia

 

Mulai dari hal-hal keseharian seperti makanan dan fashion, hingga yang betul-betul spesifik seperti merchandise perkawinan, perawatan kuku atau hobi-hobi tertentu yang terkait dengan koleksi. Sebut saja beberapa diantaranya seperti koleksi berbagai t-shirt band, koleksi mainan Star Wars, koleksi poster film jaman dulu, dan yang lainnya.

 

Memang pasar yang spesifik membutuhkan produk atau jasa yang spesifik. Tapi dengan begitu kita dapat mudah bertemu dengan calon konsumen yang potensial ketimbang melemparkannya ke pasaran luas.

Dalam dunia bisnis pasar seperti ini disebut dengan niche market. Istilah untuk pangsa pasar yang kecil tapi potensial untuk digarap. Pasalnya para kolektor atau orang yang memiliki hobi tertentu akan lebih mudah membelanjakan uangnya jika produk atau jasa yang ditawarkan memang sesuai dengan minatnya. Dan Pinterest bisa dibilang sebuah niche market digital jika kita memang menawarkan produk atau jasa yang seperti itu.

Kelebihan Pinterest sebagai social media marketing adalah karena dia menampilkan gambar. Sehingga daya tarik visual yang bermain. Berbeda dengan Twitter misalnya yang didominasi dengan karakter atau kata-kata. Jadi jika anda seorang desainer, misalnya, baik itu grafis atau interior, anda bisa menampilkan karya-karya anda. Dengan begitu secara tidak langsung Pinterest dapat menjadi sebuah portofolio pekerjaan anda.

Begitu juga jika anda memiliki restoran misalnya, anda bisa mengunggah menu-menu pilihan yang menggugah selera. Masih banyak hal yang bisa kita eksplorasi dalam Pinterest ini sebagai sarana untuk pemasaran. Dan sengan memperbanyak saluran pemasaran tentu saja diharapkan akan seiring dengan meluasnya sekaligus mempertajam imej mengenai produk atau jasa yang kita tawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *