April 23, 2021
3 Cara Mudah Mencegah Polusi Air Polusi Air Banjarmasin

3 Cara Mudah Mencegah Polusi Air

Era modern seperti saat ini mencegah polusi air menjadi sangat sulit untuk dilakukan seiring dengan semakin majunya peradaban. Air merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki manfaat besar bagi keberlangsungan hidup manusia dan seluruh makhluk di muka bumi. Sayangnya unsur satu ini juga menjadi unsur yang rapuh dan mudah untuk rusak. Ketika sudah rusak mengembalikan ke kondisi semula menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan.

Polusi Air Sungai Banjarmasin
Polusi Air Banjarmasin

Memang perlu diakui bahwa tingkat polusi kebersihan air semakin tinggi, sehingga perlu mengupayakan pencegahan sedari sekarang. Adapun pencegahan yang bisa dilakukan agar kondisi tidak semakin parah adalah:

  1. Tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai, yang akan membuat aliran sungai terganggu dan tercemar oleh sampah rumah tangga tersebut.
  2. Menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan atau memanfaatkan sarana transportasi umum untuk mencegah dan mengurangi polusi unsur air ini.
  3. Membangun rumah dengan pertimbangan yang matang, untuk mengelola limbah rumah tangga dengan baik tanpa berdampak buruk bagi unsur air.

Beberapa upaya masih bisa dilakukan untuk mengusahakan kondisi air di sekitar Kita tidak semakin parah. Air yang bersih akan membuat kebutuhan dalam hidup Kita menjadi mudah untuk dipenuhi, mulai makan, minum, mencuci, dan lain sebagainya. Apabila air telah kotor dan tidak dapat diselamatkan maka akibatnya akan sangat besar. Maka menjaga keberlangsungan hidup bersama sebaiknya mulai mencegah polusi air agar tidak semakin meluas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *