June 25, 2021
Menjaga Porsi Pada Pola Makan Penderita Diabetes Ilust: Diabetes

Menjaga Porsi Pada Pola Makan Penderita Diabetes

Diabetes atau Kencing manis merupakan penyakit di mana gula darah di dalam tubuh meningkat melebihi kadar normal. Karena gula darah yang terlalu tinggi itulah, maka seseorang yang mempunyai penyakit ini harus menjaga apa yang dikonsumsinya agar tidak mengalami komplikasi penyakit. Namun menjaga agar pola makan penderita diabetes tetap teratur bukan pekerjaan mudah.

Makanan Diabetes
Ilust: Diabetes

Agar pola makan untuk penderita diabetes tetap terkontrol dengan porsi cukup, inilah yang harus dilakukan:

  1. Buat jadwal teratur

Melewatkan makan akan membuat nafsu makan menjadi besar. Lebih baik membuat jadwal harian yang fleksibel untuk mengakomodasi.

  1. Kenali porsi

Mengetahui seberapa banyak porsi yang diperbolehkan merupakan hal ideal. Konsultasi dahulu dengan dokter untuk mengantisipasi ini.

  1. Baca label

Saat membeli bahan makanan, selalu baca berapa banyak porsi yang bisa dibuat dengan ukuran sekian. Hitunglah berapa banyak kalori, lemak, dan karbohidrat yang akan didapat.

  1. Piring kecil/bersekat

Menggunakan piring kecil atau mempunyai sekat akan membantu mengontrol jumlah makanan.

  1. Rencanakan menu

Tulislah rencana menu untuk beberapa hari agar Anda bisa mengontrol asupan gizi yang masuk ke tubuh.

Dengan cara-cara di atas, maka pola makan untuk penderita diabetes akan bisa diatur dan porsinya pun terkontrol. Dengan cara ini pulalah, Anda tidak perlu menghindari sama sekali makanan yang Anda sukai, karena Anda mengontrol seberapa banyak yang bisa atau boleh dikonsumsi. Imbangi juga konsumsi sehat ini dengan berolahraga ringan yang teratur, agar kalori di tubuh bisa dibakar keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *